Artikel Populer

Yuk kenali kopi yang kalian minum

Yuk kenali kopi yang kalian minum

Hola Speakers, sedang bersantai atau sedang berkumpul dengan teman-teman tentu akrab dengan minuman yang satu ini. Tidak hanya aromanya yang menjadikan minuman ini sangat pas untuk dikonsumsi, melainkan bagi sebagian orang yang ‘berkopi’ memiliki status sosial tersendiri .

Kopi dalam sejarahnya pun memiliki banyak pengaruh untuk hubungan negara, terutama dalam komoditas perdagangan pada masa lampau, untuk saat ini kopi yang  paling dikenal di internasional ada empat  jenis kopi yaitu jenis Arabika, Liberka, Robusta, dan Excelsa.

Dari ke empat jenis kopi tersebut, yang paling banyak dikonsumsi adalah Arabika dan Robusta. Pertama, kita bahas tentang kopi Arabika, dari sebutannya Arabika kopi berasal dari Yaman  dan menjadi kesukaan para sufi dari Kairo, saat Speakers mengkonsumsi kopi  jenis kopi Arabika dapat diketahui melalui aromanya yang khas seperti campuran biji kopi dan bunga (pekat aroma kopi), dan kopi Arabika terasa lebih halus, nah Spekers, kopi  Arabika ini dapat di konsumsi untuk menambah semangat dikarenakan kandungannya yang dapat meningkatkan boost, dan di Indonesia menghasilkan enam dari tujuh jenis Kopi Arabika yaitu di Gayo (Aceh), Mandaling (Sumut), Kintamani (Bali), Mangkuraja (Bengkulu), Jawa dan Kalosi (Toraja). Sementara satu jenis lainnya dihasilkan di Jamaica yang dikenal sebagai Blue Mountain.

Kalau sebelumnya kita membahas tentang kopi Arabika yang khas aromanya dengan pekat aroma kopi, lain halnya dengan kopi Robusta atau memiliki istilah latin Coffee Cannephora. Tentu Speakers sudah sangat akrab dengan kopi yang satu ini, kopi ini memiliki aroma seperti gandum atau kacang- kacangan, dan tidak terlalu pekat. Bentuknya pun variasi ketika ingin di konsumsi, serta teksturnya yang lebih kasar dari kopi Arabika, kopi jenis inidapat dikonsumsi oleh Speakers saat berkumpul denganteman, pembicaraan santai atau berbincang-bincang.

Kedua jenis Kopi yang sebelumnya dibahas adalah yang paling banyak dikonsumsi serta diproduksi lain halnya dengan kopi Liberika, kopi Liberka sebenarnya memiliki cita rasa dengan cita rasa tinggi, akan tetapi harga jual yang mahal dan produksinya yang sedikit menjadikan kopi ini sulit ditemui dan dinikmati. Asal kata Liberka atau kopi jenis ini dari Afrika Barat dan disesuaikan dengan namanya yaitu wilayah Liberka. Beberapa jenis kopi yang digolongkan kopi Impor Liberka di Indonesia adalah Durvei dan Ardoniana. Memang jenis kopi yang satu ini sulit dijumpai khususnya Indonesia. Kopi Liberka memiliki aroma khas seperti buah nangka, oleh sebab itu beberapa penikmat kopi di Indonesia menyebutnya dengan kopi nangka. Tentu saja dengan aroma yang khas tersebut menambah kenikmatan dalam mengkonsumsinya. Tertarik untuk mencobanya? Mungkin Speakers bisa menambahkan jenis kopi Liberka didaftar pesanan saat berkumpul dengan teman-teman.

 Hampir sama dengan Liberka dalam hal jumlah penikmat kopi, kopi Excelsa atau dengan sebutan latinnya Coffee Dewevrei hanya memiliki sedikit penikmat dan di cafe tertentu. Hal inipun serupa dengan kopi Liberka, yang jadi masalah bukanlah kualitasnya, melainkan kelangkaan produksi menyebabkan harga yang ditawarkan penjual kopi untuk kedua jenis ini tergolong mahal, dari cita rasa kopi Exclesa hampir mirip dengan Arabika, perbedaanya adalah rasa manis dari kopi Arabika akan terasa saat dikonsumsi meskipun tanpa gula, lain halnya dengan Exclesa dengan aroma kuat dan dominan pahit.

Gimana Speakers? Ternyata kopi yang diminum banyak jenisnya bukan? Selain itu dari Indonesia sendiri banyak juga loh kopi ciri khas lokal, seperti kopi Toraja, kopi arang dan lain-lain, semoga info di atas menjadi pengetahuan tambahan Speakers yang senang berkuliner dengan minuman, terutama kopi.

 

Penulis: Basyir Iskandarsyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori