Artikel Populer

Yuk jadi pemuda yang peduli lingkungan, Speakers!

Yuk jadi pemuda yang peduli lingkungan, Speakers!

Hola Speakers, King pada bahasan kali ini ingin membahas topik yang agak serius nih tentang lingkungan. Kenapa harus lingkungan? Mungkin Speakers mempunyai pola fikir ‘biar alam mengurus dirinya sendiri’. Pendapat seperti itu tidak sepenuhnya benar loh Speakers. Ada baiknya mengetahui  pepatah bijak yang mengatakan bahwa ketika hutan sudah habis ditebang, air sungai sudah mengering dan hewan hewan sudah punah maka manusia akan sadar bahwa uang tidak bisa dimakan. Di negara lain seperti Inggris, masyarakatnya sudah menyadari hal ini,terutama saat kabut asap industri menyelimuti daratan di Inggris yang menyebabkan gangguan pernafasan dan jarak pandang.

 

Tentu ketika menjadi salah satu pemuda yang peduli lingkungan, akan berdampak positif bagi diri pribadi Speakers, pernah mendengar istilah energi yang dapat diperbaharui dan energi yang tidak dapat diperbaharui bukan? Atau pernah membayangkan ketika energi yang tidak dapat diperbaharui menjadi habis, dan akibatnya generasi mendatang tidak dapat menikmatinya karena penggunaan sumber daya tersebut secara berlebihan?

 

Salah satu cara menjaga lingkungan mulai dari diri pribadi ialah memilah limbah sehari hari. Hal ini dilakukan dengan memilah limbah plastik dan organik, serta limbah yang bisa digunakan kembali. Memilah limbah plastik dikarenakan limbah jenis ini tidak dapat diurai oleh tanah meskipun sudah tertanam dalam waktu yang lama, dan hal tersebut menyebabkan tanah menjadi rusak dan tidak menyerap air, limbah plastik dapat dijumpai seperti tas kresek dan botol-botol bekas. Cara mengatasinya, Speakers dapat menyimpan limbah plastik seperti tas kresek dengan cara di lipat dan dapat digunakan dikemudian hari, hal ini tentunya menjadi nilai ekonomis karena mulai saat ini pemerintah menerapkan plastik berbayar. Sedangkan untuk botol minuman yang sudah tidak terpakai, dapat dikumpulkan untuk membantu pengumpul barang bekas agar diolah kembali, tentunya jika memiliki jumlah yang banyak akan memberikan nilai ekonomi yang lumayan, dibandingkan botol tersebut terus di simpan atau dibuang sehingga mencemarkan lingkungan.

 

Pada zaman yang terbilang modern ini, apakah Speakers bisa menyebutkan peralatan yang berfungsi tanpa menggunakan listrik? Tentu yang disebutkan lebih sedikit dibandingkan yang menggunakan listrik. Listrik salah satu komponen yang tidak dapat diperbaharui, meskipun dapat diperoleh dari putaran kincir air, sinar matahari bahkan energi nuklir. Akan tetapi ketersediaannya menjadi permasalahan, khususnya di Indonesia. hal ini di buktikan dengan adanya pemadaman bergilir di berbagai daerah. So sebagai pemuda yang peduli lingkungan, salah satu cara untuk menjaga sumber daya ini agar dapat di nikmati pada generasi mendatang adalah dengan menghemat penggunaannya. Hal ini sangat mudah, dengan mengkonsumsi penggunaan sesuai kebutuhan. Contoh kecilnya adalah mencabut arus listrik pada charger hp ketika penuh atau setelah menggunakan peralatan tertentu.

 

Selanjutnya adalah membawa kantong plastik untuk bekas limbah yang digunakan, King jadi teringat dengan pemandangan yang jarang di temui, seorang dengan status warga negara asing yang sedang berkunjung di tempat pariwisata, di sakunya penuh dengan plastik permen hingga ia menemukan tempat sampah terdekat lalu mengeluarkan seluruh plastik tersebut, sungguh mengagumkan bukan?

 Tentunya banyak sekali kegiatan sehari-hari yang dapat menjadikan diri Speakers berperan menjaga lingkungan agar tetap terjaga, dan jangan khawatir, hal tersebut justru membuat pribadi Speakers keren luar dan dalam. Seperti pepatah mengatakan, “Segala kerusakan pada bumi di sebabkan ulah dari manusia itu sendiri.” So, apakah kita termasuk di dalamnya?

 

Penulis: Basyir Iskandarsyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori