Artikel Populer

Ubah 5 kebiasaan ini untuk mendapatkan tidur berkualitas

Ubah 5 kebiasaan ini untuk mendapatkan tidur berkualitas

Tidur yang berkualitas tentu menjadi hal yang diidamkan banyak orang. Untuk mendapatkannya kalian pasti akan tidur miminal 8 jam sehari, mematikan lampu saat tidur, atau menggunakan alas tidur yang bahannya lembut, agar tidur kalian akan lebih nyenyak. Tapi bagaimana jika kalian sudah melakukan hal tersebut tetapi keeseokan harinya kalian tidak merasa bugar. Mungkin ada kebiasaan yang ternyata salah yang tanpa sadar kalian lakukan ketika hendak tidur. Apa aja sih kebiasaan-kebiasaan tersebut yang biasanya kalian sepelekan, let’s check this out!

1. Tidur dengan posisi tengkurap

Posisi tidur yang satu ini ternyata menjadi salah satu penyebab kita bangun tidur dengan keadaan lemas. Tidur dengan posisi seperti ini sangat berbahaya loh bagi kesehatan. Ketika tidur dalam posisi ini, wajah kalian akan menghadap ke bawah dan akan menghimpit bantal. Selain wajah, nyatanya posisi jantung juga terhimpit. Untuk mengatasi sulit bernapas itu tentu kita akan banyak bergerak ke kiri tau kanan agar pernapasan kita tidak terganggu. Hal ini akan menyebabkan rasa pegal pada tubuh keesokan harinya, sehingga ketika bangun tubuh kita tidak terasa bugar. 

2. Tidur dengan menggunakan bantal

Mulai sekarang coba singkirkan kebiasaan kalian tidur dengan menggunakan bantal. Tidur tanpa menggunakan bantal akan membuat tidur kalian jauh lebih berkualitas loh. Kok bisa? Bisa dong, jawabannya karena ketika kita tidur tanpa menggunakan bantal tubuh kita akan berada pada tingkatan yang alami dan normal. Ditambah lagi dengan tidak menggunakan bantal, kalian justru akan mendapatkan kenyamanan saat tidur sebab tidak ada yang menghalangi pergerakan kepala. Oh iyaa, tidur tanpa bantal juga akan mencegah timbulnya sakit pada leher. Atau bisa dikatakan dapat menghindarkan kalian dari yang namanya penyakit salah bantal.

3. Olahraga sebelum tidur

Kegiatan olahraga merupakan kegiatan yang baik bagi tubuh kita. Tapi sebaiknya hindari melakukan aktivitas olahraga sebelum tidur. Sebab ketika kalian berolahraga, suhu tubuh dan detak jantung akan meningkat. Hormon endorphin dan adrenalin dalam tubuh juga akan meningkat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menormalkannya kembli. Hal itulah yang justru menjadi penyebab seseorang menjadi sulit untuk tertidur. Berolahraga sebelum tidur ditinjau dari segi kesehatan nyatanya tidak memberikan manfaat apapun. Lantaran sejak pagi hingga sore hari tubuh kita terus melakukan beragam aktifitas, sehingga malam hari seharusnya digunakan oleh tubuh untuk beristirahat. Agar keesokan harinya saat bangun tubuh kalian akan lebih segar.

4. Bermain ponsel sebelum tidur

Pasti banyak kan diantara kalian yang sebelum tidur selalu mengecek ponselnya dulu. Aduuuhhh...mulai sekarang tinggalkan kebiasaan yang satu itu yaaa. Pada dasarnya kegiatan mengecek ponsel ketika hendak tidur, justru akan berakibat kita tidak bisa tidur. Emang kenapa? Menurut penelitian, dalam ponsel terdapat zat melatonin yang mengakibatkan rasa kantuk justru menjauh dari seseorang. Hingga akhirnya kebiasaan tersebut malah menimbulkan penyakit yang namanya insomnia. Yang efeknya saat bangun pagi hari kalian akan merasa lemas sebab waktu tidur kalian berkurang.

5. Membaca buku sebelum tidur

Kegiatan yang satu ini hampir sama loh dengan kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur. Saat seseorang membaca buku ketika hendak tidur, rasa kantuk juga akan menjauh dari orang tersebut. Mengapa bisa demikian? Sebab ketika kita membaca buku sebelum tidur, mata kita malah akan semakin aktif untuk membaca. Apalagi klo buku tersebut menarik, tentunya kita pasti akan penasaran dan lebih memilih memuaskan keingintahuan kamu akan alur cerita dalam buku tersebut. Hingga akhirnya kalian memilih begadang untuk menyelesaikan cerita dalam buku favorit anda. Hal itulah yang akan membuat kalian bangun dengan keadaan tidak segar, sebab jam tidur kalian juga berkurang.

 

Penulis: Kintan Lestari


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori