Artikel Populer

Trik jitu membuat orang lain bertindak sesuai kehendak kamu

Trik jitu membuat orang lain bertindak sesuai kehendak kamu

Speakers, pernah nggak sih ketika kamu memberikan saran kepada orang lain, selalu timbul sanggahan? Mungkin itu membuat hati kesal dan jengkel bukan kepalang. Kamu ingin orang lain melakukan atau tidak melakukan sesuatu tetapi dia tidak mau melakukan hal tersebut. Bisa jadi dia tidak tidak mengerti maksud pesan kamu, tidak cukup peduli, atau tidak tertarik untuk mendengarkan. Padahal kamu ingin berbuat sesuatu yang baik untuk dia.

Tenang dulu! David J. Lieberman punya solusinya. David J. Lieberman adalah seorang pembicara, dosen, dan konsultan dalam berbagai bidang. Ia memiliki gelar Ph.D. dalam psikologi dan menjadi kreator Neural-Dynamic Analysis. Buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam enam belas bahasa, termasuk salah satu buku yang akan Speakingmagz.com bahas kali ini.

Dalam bukunya yang berjudul “Agar Siapa Saja Mau Berdamai dengan Anda”, Dosen yang satu ini membeberkan 5 taktik psikologi agar orang lain termotivasi untuk segera melakukan tindakan apa yang kamu perintahkan. Keren kan! Strategi ini bisa digunakan dalam situasi apapun loh. Mari disimak ya Speakers!

1. Batasi pilihan dan beri batas waktu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperkecil jumlah pilihan yang kamu tawarkan pada seseorang. Jika kamu mengajukan banyak pilihan dari saran yang kamu minta, seseorang akan kebingungan untuk memilih salah satunya. Tak seorang pun ingin berbuat salah dan berada pada posisi yang serba salah. Semakin kamu memberikan sedikit pilihan, semakin cepat pula dia akan membuat keputusan dan tidan menimbang-nimbangnya.

David J. Lieberman mencontohkan hal ini dengan kebiasaan para penjual yang memberi tenggat waktu kapada konsumen yang hendak membeli barangnya. Tenggat waktu tersebut akan memberikan kesempatan konsumen untuk menimbang-nimbang barang yang hendak dibeli. Dengan tenggat waktu itu, sebagian besar orang akan bingung dan lambat dalam menentukan pilihan. Pilihan barang yang ditawarkan pun beragam, hal ini juga akan memperlambat seseorang menentukan pilihan. Berilah satu atau dua pilihan agar seseorang tersebut dengan cepat menentukan pilihan. Batasi juga waktu konsumen untuk menentukan pilihan. Hal ini akan membuat konsumen segera menentukan pilihan.

Selain contoh kasus di atas, keadaan yang sama juga terjadi kepada atasan dan karyawan yang terlalu banyak menyodorkan pilihan dan waktu kepada karyawannya. Akibatnya pekerjaan pun menjadi tidak tepat waktu. Solusinya berilah pilihan kepada karyawan seminimal mungkin dan tenggat waktu sedikit mungkin. Hal ini akan membuat oang lain cepat dalam menentukan pilihan.

2. Gunakan Hukum Inertia

Sir Isaac Newton pernah mengeluarkan hukum bahwa benda yang bergerak cenderung tetap bergerak, dan benda yang tidak bergerak cenderung untuk tidak bergerak. Hukum Newton ini berlaku juga untuk manusia lho. Jika kamu mampu membuat orang lain bergerak ke arah yang benar, baik secara fisik maupu mental (dimulai dari seusatu yang menyenangkan) maka kemungkinan besar dia akan tertarik melanjutkannya lagi. Mengapa demikian?

Manusia sangat membutuhkan konsistensi tindakan. Beberapa penelitian tentang hal ini menggambarkan bahwa faktor psikologis ini sangat efektif bila diterapkan untuk memotivasi seseorang. Penelitian-penelitian itu menunjukkan bahwa ketika seseorang diminta melakukan hal kecil dan dia mau melakukannya, maka sebagian besar dia akan mau memenuhi permintaan selanjutnya yang lebih besar.

Penelitian bertopik “teknik awal mencapai tujuan” yang dilakukan oleh Freedman dan Fraser (1966) telah membuktikan hukum ini. Suatu ketika, Freedman dan Fraser meminta izin kepada para pemilik rumah untuk memasang papan besar bertuliskan Hati-Hatilah Dalam Berkendara di halaman rumah mereka. Hanya 17 persen dari mereka yang memberikan izin. Namun, para pemilik rumah yang lainnya diminta untuk lebih dulu melakukan hal yang lebih kecil. Mereka diminta memasang papan di jendela mereka berukuran tiga inci bertuliskan Jadilah Pengendara Yang Baik. Hampir semua pemilik rumah itu menyetujuinya. Beberapa minggu kemudian, para pemilik rumah itu diminta untuk memasang papan besar tadi di halaman rumah mereka. 76 persen dari mereka pun setuju memasang papan besar itu di halaman mereka.

Ketika kita telah melangkah ke satu arah, selanjutnya kita akan terdorong untuk mempertahankan konsistensi dengan menyutujui permintaan berikutnya. Para pencari dana yang andal mengetahui aturan pertama dalam mengumpulkan dana yatu orang yang paling mudah dimintai dana adalah yang pernah memberi. Jadi gunakan hukum ini terlebih dahulu sebelum meminta permintaan yang lebih besar ya! Selamat mencoba.

3. Harapan

Hukum tentang harapan menyatakan bahwa orang akan melakukan tindakan yang kamu harapkan. Berbicara dan bertindaklah dengan tangkas, jelas, dan penuh percaya diri. Demikian pula, lakukanlah gerakan fisik yang tegas. Baik sedang berjalan, menulis, berbicara atau menelfon, orang akan merespons gerak gerik kamu yang menyakinkan dan berusaha menyesuaikan diri. Dengan kata lain, kamu tidak hanya menggunakan kata-kata tetapi juga perbuatan untuk memicu tindakan orang lain. Misalnya, jika kamu ingin seseorang mengikuti kamu, berjalanlah tanpa menoleh ke belakang. Ucapan dan tindakan kamu harus menyirakatkan kepercayaan diri dan harapan sehingga orang lain akan bersedia mengikuti kamu.

4. Memproses informasi

Hal yang terpenting dari strategi ini adalah cara memproses informasi ke orang lain. Ketika kita diminta melakukan sesuatu yang kita sukai, kita melakukan tindakan yang disebut dengan tugas tunggal (single tasking). Namun, ketika kita mengangan-angankan seusatu yang tidak ingin kita lakukan, kita melakukan apa yang disebut multitugas (multitasking). Dengan melakukan tugas tunggal pikiran dan energi kita akan terfokus kepada satu hal, sedangkan dengan melakukan multitugas fokus pikiran dan energi kita akan tebagi. Sehingga akan banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu.

Kita bisa menerapkan single tasking dan multitasking ini kepada orang lain dengan cara memproses informasi. Jika kamu menginginkan agar seseorang bertindak cepat, maka tunjukkan lah padanya bahwa tindakan itu mudah dan sederhana. Gunakan single tasking, proseslah informasi yang ia terima agar terlihat menyenangkan dan mudah. Dengan begitu, dia akan melakukan tindakan single tasking. Sebaliknya, jika kamu ingin menghalangi suatu tindakan, kamu cukup menguraikan sejumlah proses yang panjang, membosankan, dan rumit. Buatlah dia percaya dengan menerapkan strategi harapan yang sudah diulas di atas.

5. Insentif tambahan

“Tetapi, tunggu dulu, Pemirsa! Ada satu hal lagi, bila anda ....” Seringkah kamu mendengar ungkapan akrab ini di akhir sebuah iklan atau promosi produk tengah malam? “Bonus” merupakan alat yang sangat efektif untuk memicu tindakan, baik itu televisi, dalam interaksi tatap muka, maupun dalam telepon. Jadi strategi terakhir setelah menerapkan 4 sterategi di atas adalah gunakanlah bonus. Diperkirakan penggunaan teknik ini dapat mendongkrak rating respons terhadap program-program di televisi.

Bonus menawarkan keuntungan tambahan bagi orang yang mau bertindak. Misalnya nanti aku belikan es krim, nanti kamu akan kutraktir makan, dll. Hal yang  menakjubkan lagi adalah bahwa orang hampir tidak mempermasalahkan bonus seperti apa yang akan mereka terima. Selamat mencoba 5 strategi yang diberikan oleh David J. Lieberman ya, Speakers, kamu akan tercengang, betapa efisiennya strategi psikologis ini.

 

Penulis: Igman Yudha P.

Editor: Galih Nugros


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori