Artikel Populer

Tips mengatasi gugup saat berbicara di depan umum

Tips mengatasi gugup saat berbicara di depan umum

Speakers, di antara kalian pasti ada yang pernah melakukan public speaking atau berbicara di depan umum, bukan? Mungkin bagi kalian yang pertama kali melakukan hal tersebut, atau bahkan yang sudah cukup sering, akan mengalami rasa gugup. Sebenarnya gugup itu adalah hal yang normal. Tetapi kalau keadaan itu tidak bisa dikendalikan, tentu akan membuat public speaking kita menjadi tidak maksimal. Tenang saja, ada beberapa tips untuk mengurangi rasa gugup kalian saat public speaking. Apa saja? Cek di bawah sini ya:

1. Berdoa

Berdoa merupakan suatu interaksi antara manusia dengan Tuhan. Hal ini tentu sangatlah penting. Sebelum melakukan public speaking, ada baiknya kalian meminta kepada Tuhan untuk dilancarkan dalam melakukan kegiatan tersebut.

2. Berpikir positif

Kegiatan public speaking mungkin menjadi hal yang sangat menegangkan bagi mereka yang baru pertama kali melakukannya. Jika kalian sudah ditugaskan untuk melakukan public speaking, maka kecil kemungkinannya kalian bisa membatalkan kegiatan tersebut. Hal yang dapat membantu kalian mengatasi rasa gugup berikutnya adalah berpikir positif. Kenapa, sih, harus berpikir secara positif? Mungkin dalam pikiran beberapa orang, kegiatan public speaking adalah kegiatan yang menyeramkan, menegangkan dan menakutkan. Dimana kalian akan dipermalukan, dicibir atau hal lain yang tentunya negatif. Hilangkan hal tersebut dalam pikiran kalian!

Melakukan kegiatan public speaking tidaklah demikian jika kalian berpikir positif. Coba tanamkan dalam pikiran, bahwa kalian dapat melakukan public speaking. Bagikan materi yang akan kalian bawakan kepada pendengar dengan pemikiran yang postif sehingga pendengar pun dapat menerimanya secara positif juga.

3. Mengatur napas

Dalam keadaan biasa, jantung kalian tentu akan berdebar biasa pula, akan tetapi dalam keadaan gugup, jantung kalian akan berdebar sangat kencang. Hal itu tentu berpengaruh kepada pernapasan. Cobalah untuk mengatur napas kalian. Kalian dapat menarik napas panjang melalui hidung lalu mengeluarkannya melalui mulut. Lakukan dalam beberapa kali untuk dapat mengatur napas kalian seperti semula. Hal itu juga dapat mengatasi gugup yang sedang kalian alami.

4. Tersenyum

Saat berada di kondisi gugup, cobalah untuk tersenyum. Dengan tersenyum sesungguhnya kalian sedang mengirim pesan positif ke dalam diri kalian sendiri. Hindari untuk cemberut, karena hal tersebut hanya akan membuat rasa gugup tetap ada.

5. Mengatur fokus

Dalam melakukan kegiatan public speaking, tentu ada pendengarnya. Kita tidak mungkin bisa tahu seperti apa sifat dari mereka masing-masing. Bisa jadi di antara mereka ada yang tidak memperhatikan saat kalian berbicara di depan, hingga akhirnya kalian melihat sikap mereka yang terkesan tidak memerdulikan. Kalian mungkin akan berpikir bahwa kalian tidak diperhatikan dan tidak dihargai sehingga menimbulkan rasa gugup. Dan saat situasi itu terjadi, cobalah untuk fokus. Sebab, tidak semua pendengar melakukan hal tersebut. Tentu ada yang memperhatikan kalian dengan baik. Fokuslah untuk memberikan materi kepada mereka yang memperhatikan kalian. Hiraukan mereka semua yang tidak memperhatikan. Karena hal itu hanya akan membuat kalian gugup dan dapat mengacaukan kegiatan public speaking.


Penulis: Andriannus Parasian

Editor: Nurmarliana Rahayu


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori