Artikel Populer

Tips karangan pribadi diterima penerbit

Tips karangan pribadi diterima penerbit

 Hollaa, guys! Kamu sudah tidak asing bukan dengan buku novel? Atau kalian justru penggemar buku-buku novel? Banyak banget genre dari buku novel, seperti romance, komedi, misteri, teka-teki, atau bahkan gabungan, seperti komedi-misteri, komedi-romance, ataupun romance-misteri. Nggak sedikit juga penulis dari novel-novel itu masih belia, seumuran kalian nih, SpeaKers. Kamu juga punya peluang, loh, seperti mereka. Buat kamu yang hobi membaca, coba deh sesekali menulis novel. Jika kamu udah punya naskah novel, jangan ragu-ragu, guys, buat kirim naskah kamu ke penerbit-penerbit. Kamu ngga usah ragu naskah kamu akan diterima atau ngga. SpeaKing Magz punya tips-nya nih, guys! Simak yuk!

1.Tentukan penerbit incaran kamu

SpeaKers, kamu harus tahu penerbit mana yang menjadi incaranmu. Untuk kamu yang belum mempunyai penerbit incaran, atau bahkan belum tahu naskah berhargamu itu akan dikirim kemana, cobalah kamu cari tahu penerbit-penerbit di Indonesia yang mengeluarkan novel dengan genre sama seperti naskah yang kamu buat.

2. Kenali produk dari penerbit incaran kamu

Selanjutnya, kamu kenali produk-produk terbitan dari penerbit incaran kamu. Usahakan produk dari penerbit incaran kamu memiliki genre yang sama dengan naskah hasil tulisanmu. Hal itu berpeluang besar agar naskahmu lolos melewati tahap penyeleksian naskah dan memasuki tahap berikutnya, yaitu editing.

3. Pahami gaya selingkung penerbit

Sebelum kamu benar-benar akan mengirimkan naskahmu, cobalah pelajari sedikit gaya selingkung dari penerbit incaran kamu. Gaya selingkung apasih, King? Gaya selingkung adalah gaya tulisan yang biasa digunakan penerbit, biasanya kamu dapat menyebutnya sebagai ciri khas dari penerbit. Gaya penerbit bisa berupa format penulisan naskah, jenis dan ukuran huruf, hingga alur cerita yang biasa dihasilkan dari setiap buku novel yang telah diterbitkan. Usahakan agar naskahmu memiliki beberap option dari gaya selingkung dari penerbit itu, guys.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat Speaker coba. Naskah kamu akan memiliki peluang lebih besar diterima dan diterbitkan di penerbit buku, apalagi jika penerbit buku itu penerbit buku besar. Waah kamu pasti akan bangga banget nih, SpeaKers. Selamat mencoba!

 

Penulis: Dembondya


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori