Artikel Populer

Tahap dasar latihan berbicara di depan umun

Tahap dasar latihan berbicara di depan umun

         Hai Speakers... balik lagi nih kita kali ini kita akan ngebahas tema mengenai public speaking di lingkungan sekitar kita, yaitu di kelas. Pasti kalian pernah kan dapet tugas disuruh presentasi sama dosen di depan kelas. Coba perhatiin deh pasti ada dari kalian yang ngomongnya lancar bagaikan air mengalir dan ada yang ngomongnya terbata-bata atau banyak jedanya. Dan biasanya yang nilainya lebih bagus itu yang ngomongnya lancar itu karena dianggap menguasai materi. Kan gak adil banget yaa buat yang ngomongnya terbata-bata. Nah kali ini kita akan kasih tau tips buat para Speakers yang masuk kategori kedua. Yuk kita lihat!

1. Bicara sendiri

Latihan bicra sendiri ini bisa kalian lakuin sambil menghadap ke tembok atau ke cermin. Nah kalian sampein deh hasil presentasi kalian ke tembok atau cermin. Biarpun udah pasti gak digubris (yaiyalah... serem malah klo digubris), kalian ngomong aja terus semua isi presentasi kalian. Tapi inget ya klo mau latihan bicara sendirian sebaiknya di rumah atau di tempat sepi yaaa, nanti klo di tempat umum ngomong sendirian yang ada dikira orang gila.

2. Bicara berdua

Latihan yang satu ini kayaknya biasa aja yaaa, semua orang pasti pernah ngomong berdua. Mau sama temen, kakak, orang tu, pacar, pasti kan ngomongnya berdua. Jadi kita bicara berdua itu dua-duanya saling ngomong. Nah loh gimana tuh? Jadi tujuan latihan ini tuh biar kita bisa lebih konsentrasi sama pembicaraan yang mau kita sampaikan. Klo keadaan sekitar kita ribut kita pasti ke distract kan, nah latihan ini tuh ngelatih fokus kita juga Speakers. Jadi mau ribut kaya gimana pun atau gangguan kaya apapun kita akan tetep fokus sama pembicaraan kita sendiri.

3. Bicara grouping

Kegiatan yang satu ini pasti kamu juga sering ngalamin kan, apalagi klo ngomongnya sama temen segeng. Heboh banget pasti yang satu ngomong ini, yang satu ngomong itu. Jadi sebelum hari kamu akan presentasi, kamu minta temen temen segeng kamu buat dengerin presentasi yang akan kamu sampein di kelas nanti. Dan jangan lupa juga untuk minta mereka bertanya sama kamu di tengah penjelasan. Kalian klo ikut seminar pasti pernah liat kan klo pembicara yang lagi menyampaikan materinya dipotong sama pertanyaan tiba-tiba dari peserta, terus lanjut ke pembahasan berikutnya dia lupa tadi udah sampai mana dia ngomong. Tapi karena kalian udah melewati tahap bicara berdua saling ngomong itu, dijamin kamu akan tetep fokus deh sama materi kamu biarpun diganggu berapa puluh pertanyaan.

​Nah itu dia Speakers tips dasar buat kalian-kalian yang klo bicara di depan umum terbata-bata atau banyak jeda. Latihan tadi juga meningkatkan rasa percaya diri kita loh. Klo kalian udah ikutin tips ini dan sukses dibawa ke kelas, pasti nanti kalian juga akan sukses bicara di tempat lain di luar kelas kalian.  Selamat mencoba!

 

Penulis: Kintan Lestari


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori