Artikel Populer

Suka takut ngomong di depan umum? dibawa enjoy aja

Suka takut ngomong di depan umum? dibawa enjoy aja

Speakers tentunya pernah merasakan grogi, terutama ketika menghadapi panggung atau saat berbicara di hadapan microphone saat kondisi banyak orang. Tentu hal tersebut sesuatu yang biasa terjadi, dan kebanyakan Speakers mengalami ini ketika pertama kali harus show up. Dalam Istilahnya peristiwa tersebut dinamakan glossophobia. Glossophobia diambil dari bahasa Yunani yang bisa didefinisikan ‘takut berbicara di depan umum’.


Lalu bagaimana cara mengatasi glossophobia? Hal yang paling utama ketika berhadapan dengan situasi seperti ini ‘dibawa enjoy aja’. Mungkin dalam benak Speakers bertanya-tanya bagaimana untuk tetap enjoy dalam situasi seperti itu.


Hal yang bisa dilakukan saat glossophobia terjadi adalah merilekskan diri, jika sudah berada di atas panggung. hal ini dapat dilakukan dengan mengatur pernafasan untuk menghirup dan mengeluarkan nafas secara perlahan. Perlu di ingat oleh Speakers bahwa kegiatan untuk mengatur pernafasan tidak dilakukan saat mic berada di depan Speakers. Karena jika hal tersebut terjadi, nafas yang dihembuskan akan menimbulkan suara melalui mic yang berdekatan dengan mulut.


Lain halnya jika glossophobia atau grogi terjadi sebelum berada di atas panggung, cara sebelumnya dengan mengatur pernafasan bisa dilakukan, akan tetapi jika tidak berhasil maka cobalah mengunyah permen karet. Hal tersebut dapat mengalihkan perasaan was-was yang ada di dalam diri Speakers.


 Jika hal tersebut tidak bisa menghilangkan rasa was-was atau grogi, maka cobalah melakukan senam mulut, dengan menggoyangkan mulut atau mengatur suara mulut di depan kaca. Senam mulut pada kenampakannya seperti Speakers mengunyah permen karet, tujuannya merilekskan otot-otot wajah agar tidak kaku.


Selanjutnya adalah merilekskan diri dengan berfikir momen menyenangkan dan indah yang pernah terjadi, hal ini bertujuan agar fikiran was-was dan grogi dapat teratasi melalui kegiatan tersebut.

Dan Jika hal tersebut belum berhasil, maka cobalah melakukan senam kecil atau menggerakkan tubuh untuk menghilangkan rasa was-was tersebut, bisa dilakukan dengan melakukan lari di tempat atau menggerakan kaki, memutar-mutar pergelangan tangan dan semisalnya.


Perasaaan was-was atau grogi pada dasarnya bisa diatasi dengan berbagai cara, tergantung bagaimana Speakers membuat rasa nyaman dan enjoy saat tampil. Cara-cara di atas adalah hal umum cara mengatasi glossophobia ketika terjadi pada saat akan tampil. So, mengahadapi glossophobia sangat mudah bukan?!

 

Penulis: Basyir Iskandarsyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori