Artikel Populer

Sekarang trend-nya anak muda jadi sosiopreuneur loh, apa sih sosiopreneur itu?

Sekarang trend-nya anak muda jadi sosiopreuneur loh, apa sih sosiopreneur itu?

     Speakers, pernah dengar istilah entrepreneurship atau teknopreuneur? Kalau kedua istilah tersebut tentunya sudah akrab bukan? ada satu lagi yang perlu Speakers tahu nih tentang preuner, yaitu sosiopreneur. Dari kata awalnya sudah dapat ditebak bahwa kata barusan atau sosiopreuner tergabung dari dua suku kata yang berarti socio atau sosial, dan enterpreneur yang berarti wirusahawan.

Dalam pelaksanaannya sosiopreneur tidak hanya terfokus kepada bisnis, melainkan  merumuskan dampak yang diberikan bersifat manfaat bagi masyarakat. Sosiopreneur biasanya terbentuk dari kebutuhan masyarakat atau tergagas dari anakmuda yang ‘peka’ akan lingkungannya. Dari kalangan pemuda di Indonesia, produk sosiopreuner salah satunya kegiatan pengabdian masyarakat yang berbentuk organisasi nonstructural kepemerintahan. Salah satu kisah sosiopreneurship yang banyak dikenal adalah kisah Salman Khan, beliau adalah lulusan MIT dan juga Harvard University. Sebelumnya Salman Khan adalah seorang ilmuwan keuangan yang namanya termasuk dalam 5 orang paling berpengaruh di dunia dalam hal ilmuwan keuangan.

Pada Tahun 2009, pada umur 33 tahun Salman Khan memutuskan untuk mengundurkan diri dari puncak kariernya dan memilih untuk membuat web yang berisi soal-soal matematika dan fisika dan saat ini dikenal secara online dengan nama Khan Academy. Awal mulanya hal ini didasari pada keinginan keponakannya untuk diajari matematika, beliau yang ahli dalam perangkat membuatkan doddle untuk mengajarinya.  Keponakan Salman Khan memiliki rasa ‘tidak suka’, rumit dan takut pada pelajaran matematika dan mendapatkan nilai buruk di tempat iasekolah, dan saat itu ia diberi kesempatan terakhir untuk memperbaiki nilainya atau dikeluarkan dari sekolah di kawasan California. Pada akhirnya Khan mencoba dengan sabar dan tekun mengajari keponakannya itu sehingga ia dapat memahami serta lulus dengan nilai yang memuaskan.

Literatur pelajaran yang ditulis oleh salman diunggah melalui web agar siswa yang mempunyai masalah serupa dengan keponakannya dapat terselesaikan, dan hal tersebut tanpa di sadari memiliki banyak pengunduh, dan akhirnya beliau memutuskan untuk berhenti pada pekerjaan utamanya sebagai ilmuwan keuangan menjadi pengajar online.

Sempat ada kendala ditengah perjalanan beliau, yaitu finansial yang tidak memadai bahkan minus dikarenakan beban server dan operational. Dan di sinilah dukungan moril dari keluarga termasuk istrinya serta para donatur saat itu dapat mengurungkan niat Salman untuk berhenti mengajar online, bahkan beberapa orang tua mengeluarkan sebuah statement dukungan yang positif untuk Salman bahwa materinya bermanfaat untuk banyak orang dan bisa membuat anak-anak Amerika bahkan dunia jadi lebih pintar dan mudah menerima pelajaran matematika dan fisika kreasinya.

Dan seperti yang diharapkan, perkataannya yang dikutip Forbes tahun 2012 “orang yang berambisi menjadi pengajar seluruh dunia” telah ia wujudkan, bahkan secara finansial Forbes menyebutkan “the $ trilliion Opportunity”, bahkan dijuluki ‘Distruptor’ atau pengganggu yang memiliki arti positif. Bahkan dalam kutipan terakhirnya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ialah  ‘jika kau tidak dapat memberi makan seratus orang, berilah pada satu orang terlebih dahulu, jangan menunggu untuk jadi pemimpin, lakukan itu sendiri, setiap satu orang yang kau sanggupi’

Dalam kisah Salman kita menyadari bahwa untuk menjadi sosiopreuneur wajib dimiliki, passion, kepekaan akan kebutuhan sekitar, tekad yang kuat, dukungan orang-orang terdekat, dan gagasan yang matang. Speakers dapat memulai membangun jiwa sosiopreneur dengan melakukan hal mengajar di sekolah, bergabung dengan LSM, atau menjadi relawan yang nantinya akan membentuk passion pribadi sehingga memiliki jiwa sosial dan entrepreneur.

Tonton video: Rumah Berbagi

Bahkan salah satu televisi swasta Kompas TV punya slot program keren yaitu Big Bang! Show yang turut menghadirkan anak muda penggerak perubahan sosial. Berbicara soal sosiopreneur, Rumah MC Indonesia pun pernah diundang menjadi narasumber lho dalam acara anak muda tersebut. Jadi kapan kamu mau memulai untuk menginspirasi lingkunganmu Speakers?


Penulis: Basyir Iskandarsyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori