Artikel Populer

Public speaker top di Indonesia

Public speaker top di Indonesia

A good speech should be like a woman’s skirt ; long enough to cover the subject and short enough to create and interest” (Winton S. Churchill)

Tertarik dengan public speaking, tapi bingung belajarnya dari mana? Yuk, intip artikel King kali ini. Di artikel ini, King mau kasih tau siapa tokoh-tokoh di Indonesia yang punya skill public speaking yang luar biasa. Mungkin kamu bisa belajar dari tokoh-tokoh berikut ini.

  • Presiden pertama Republik Indonesia

Yup, siapa yang gak kenal sama Bapak Founding Father kita? Presiden pertama di Indonesia yang dikenal sebagai sang orator yang hebat. Pak Kusno (begitu beliau sering dipanggil waktu masa kecilnya) merupakan tokoh yang sangat dikenal kepiawannya dalam bidang public speaking. Tidak hanya dikenal luas di Indonesia, tapi kepiawaian beliau dalam berpidato juga telah diakui seantero dunia. Belajar dari gurunya (Hos Tjokroaminoto) yang juga dikenal juga sebagai orator yang hebat, Soekarno pun mulai menyukai pidato sebagai salah satu bagian dari public speaking ini. Salah satu kutipan pidato beliau yang dicatatkan dalam sejarah adalah pidato beliau pada saat kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.

img-1452091960.jpg

Soekarno/Rmol.co

“Demikianlah saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka! Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat Tanah Air kita dan bangsa kita! Mulai saat ini kita menyusun negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia – merdeka kekal dan abadi. Insyaalah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!”

Dan kemudian kalimat beliau itu pun disambut teriakan-teriakan yang menggema di seluruh penjuru tanah air, “Merdeka, Merdeka!”

Begitulah pengaruh beliau dalam pidatonya! Begitulah dengan kata-kata mampu mengarahkan perasaan dan pemikiran seseorang dalam perubahan.“Words have incredible power. They can make people’s heart soar, or they can make people’s hearts sore!” (Dr. Mardy Grothe)

  •  Sis Maryono Teguh

Siapa yang gak kenal dengan motivator terkenal satu ini. Pria paruh baya yang lebih dikenal dengan Mario Teguh ini mulai dikenal oleh publik ketika menjadi salah satu pengisi acara yang berada di salah satu stasiun TV swasta. Kata-kata bijak yang selalu dibawanya dalam acara tersebut telah membawa beliau menjadi salah satu motivator yang tidak hanya dikenal di Indonesia namun di berbagai negara khususnya di Asia. Pembawaannya yang santai selalu dapat membawa pendengarnya tertegun dengan segala motivasi-motivasi. Kepercayaan diri beliau pada saat membawakan motivasinya telah membuat pendengarnya menjadi ikut termotivasi dalam setiap kalimat-kalimatnya. Materinya yang singkat namun dapat terus diingat oleh setiap pendengarnya. Seperti yang dikutip dari Ralph Waldo Emerson “Speech is power; speech is to persuade, to convert, to compel.”

img-1452091848.jpg

Mario Teguh/Foto:Viva.co.id

  • Najwa Shihab

“Saya Najwa Shihab.. tuan rumah Mata Najwa”

img-1452091905.jpg

Najwa Shihab/Metrotvnews.com

Speakers pasti gak asing dengan kalimat tersebut. Yap kalimat tersebut dibawakan news presenter yang sudah malang melintang di dunia jurnalistik televisi ini, boleh dibilang menjadi salah satu public speaker yang keren. Pembawaannya yang khas dan elegan di salah satu program talk show TV swasta membuat popularitasnya meroket. Soal penguasaan materi dan mendalami sosok narasumber pokoknya jam terbang presenter ini gak perlu diragukan lagi.

Baca juga: Menyuarakan jurnalisme dengan hati

So, materi itu penting, tapi yang paling penting lagi adalah bagaimana cara kamu mengaplikasikannya ketika berada di panggung. “They may forget what you said, but they will never forget how you made them feel.


Penulis: Angga Karona


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori