Artikel Populer

Plastik berbayar, efisien gak sih?

Plastik berbayar, efisien gak sih?

Hai Speakers! Udah tau dong sama isu yang lagi hangat-hangatnya diperbincangkan di media ini? Mulai sekarang, buat kalian Speakers yang suka berbelanja di supermarket, kalian harus merogoh kocek kalian jika belanjaan kalian para speakers ingin dibungkus dengan plastik! Nah, kali ini King ingin membahas sebenarnya efisien gak sih aturan ini? King akan bahas permasalahan ini dari kedua sisi dan tanpa ada intensi untuk apapun. Intip yuk pembahasan King kali ini.

Plastik dari segi konsumen

Sebagai konsumen, kita pasti inginnya pelayanan terbaik dooong! Ya gaak? Tapi, gimana ceritanya ya kalau suatu waktu kita lupa bawa kantong belanjaan dari rumah, tapi dalam waktu yang bersamaan kita harus belanja dalam ukuran yang banyak?

Dan ketika sampai di kasir, kita harus ditagih per plastiknya untuk setiap belanjaan yang harusnya kita dapetin dengan cuma-cuma? Kebayang gak sih kita harus dibebankan lagi dengan plastik yang harusnya kita terima secara cuma-cuma? Bukan masalah harganya sih Speakers, namun lebih ke masalah pelayanan dan perlindungan bagi kita para konsumen.

Plastik dari segi produsen

Kalau misalnya aturan ini benar akan efektif dan efisien dan pada akhirnya semua konsumen akan membawa kantong belanjaannya sendiri, pernah kebayang gak sih bagaimana nasib para pengusaha plastik? Akan dibawa kemana produk-produk plastik mereka? Dan pasti dalam jangka panjangnya ini akan berpengaruh pada keadaan ekonomi perusahaan dan berujung pada PHK para pekerja pabrik. Gimana tuh ya?

Kaitannya dengan lingkungan

Kenapa sih plastik harus berbayar? Nah..buat kalian yang masih butuh informasi buat hal ini, kali ini King ingin kasih tahu kalian bahwa ternyata untuk mengurai 1 (satu) plastik saja ternyata butuh ribuan tahun speakers! Jadi, plastik ini akan sulit terurai dalam lingkungan dan terus akan berada dalam siklus lingkungan kita selama ribuan tahuuuun!!

Limbah plastik sendiri ternyata sangat berbahaya loh dan ternyata juga dapat menjadi polutan bagi tanah kita. Tapi, sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi hal ini looh. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang plastik-plastik ini sebagai sebuah kerajinan tangan yang sangat bermanfaat bahkan terkadang bernilai tinggi loh. Plastik-plastik ini juga dapat menjadi celengan, hiasan meja bahkan ada yang menjadikannya sebagai bunga.

Jadi efisien atau tidak peraturan plastik berbayar ini sih sebenarnya tergantung persepsi kita masing-masing speakers! King sendiri setuju sekali dengan wacana bahwa penggunaan plastik harus dibatasi untuk kebaikan lingkungan. Tapi pertanyaannya, apakah memang pada akhirnya semuanya harus dibebankan kepada konsumen?

Nah kamu memandangnya dari sudut yang mana, kembali diri kamu. Apapun itu yuk, belajar perlahan lebih peduli terhadap lingkungan!

 

Penulis: Angga Karona


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori