Artikel Populer

Online learning; Solusi masalah pendidikan di Indonesia

Online learning; Solusi masalah pendidikan di Indonesia

Pernahan Speakers mendengar pesan Nelson Mandela Education is themost powerful weapon that we can use to change the world? Pesan tersebutmenyiratkan bahwa pendidikan merupakan hal yang penting untuk membangun bangsaini menjadi lebih baik.

Dalam era ini, peggunaan teknologi telah menjadi kebutuhansehari-hari, sehingga pengimplementasiannya pun digunakan dalam dalam berbagaibidang, termasuk salah satunya pendidikan. Seminar pendidikan yang diadakanoleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Teknologi Pendidikan, Universitas NegeriJakarta, memaparkan sistem belajar daring melalui online learning marketplaceseperti Ruangguru dan Kelase. Seminar yang diadakan pada Kamis, 18 Mei 2017 inimenghadirkan Muhammad Iman Usman, Chief of Product Ruangguru, dan FounderKelase Winastwan Gora, serta M. Nurul Ikhsan seorang pengusaha yang merupakanlulusan dari Fakultas Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.

Iman Usman menjelaskan bahwa akar permasalahan dalam pendidikanIndonesia adalah masalah data yang tidak valid, pemerintah hanya memiliki datakualitas murid dalam ujian nasional, dan ujian kompetensi guru pada tenangapengajar. Data tersebut sebetulnya tidaklah mampu mengukur kualitas para muriddan guru, sehingga tidak terdapat informasi yang absah mengenai masalah yangsebetulnya terjadi untuk meningkatkan kualitas murid dan guru. Maka dari itu,Ruangguru dan Kelase hadir untuk membantu para siswa untuk mengakses materipendidikan dan bank soal untuk meningkatkan kualitas belajar mereka. Selainitu, para guru berkualitas pun akan tersebar dengan media pembelajaran daringini, sehingga dengan keterbatasan waktu dan tempat murid dapat terhubung denganguru melalui Ruangguru dan Kelase.

Meski pengguna Ruangguru dan Kelase sudah mencapai ribuan, namunangka tersebut dinilai masih belum merata nya penggunaan media daring dalamproses pembelajaran siswa dikarenakan beberapa faktor, seperti terdapat daerahdi Indonesia yang tidak dapat mengakses internet dengan baik, atau bahkanbanyak yang masih belum memahami penggunaaan media daring ini. Dengan haltersebut, hal ini menjadi tantangan untuk kita semua, termasuk para pemudauntuk berperan dalam penyebaran penggunaan media daring dalam prosespembelajaran.

Seru banget ya, Speakers pembahasan topik ini. Dunia pendidikansemakin maju dengan pengguaaan teknologi di dalamnya. Semoga pendidikanIndonesia terus maju dan jaya!

Penulis:Sulistianing Ambarwati


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori