Artikel Populer

Novi, pembuat Webtoon: Proses belajar tanpa akhir Bersama Nei & Ge

Novi, pembuat Webtoon: Proses belajar tanpa akhir Bersama Nei & Ge

Layaknya kisah Nei dan Ge di Webtoon yang belajar untuk memulai memahami perasaan masing-masing, begitu juga dengan pengalaman Noviany Suryani, sang author, dalam perjalanan membuat cerita Webtoon, Nei & Ge, yang dimulai dari proses pembelajaran.

Berangkat dari kecintaan Novi terhadap dunia menggambar yang ditekuninya sejak SD, ia memutuskan untuk membuat karyanya lebih dikenal publik melalui Webtoon  atau komik yang didistribusikan melalui internet. Hal tersebut juga datang berkat dorongan teman-teman dekat dan kakaknya yang seringkali merasa gemas karena Novi hanya membuat karya untuk dirinya sendiri melalui binder kuliahnya.  Mahasiswi Jurnalistik Universitas Padjajaran kelahiran November 1994 ini sejujurnya bingung sekali waktu pertama kali harus mengunggah karyanya di sebuah platform yang tidak ia kenal. Melalui proses trial and error, Novi memulai belajar untuk membuat kecintaannya bisa dinikmati oleh banyak orang.

Namanya belajar, awalnya pasti tidak mudah ya, Speakers? Begitu pun dengan Novi yang di episode awal Webtoon-nya mendapat kritikan karena format seperti resolusi gambar dan jenis font. Sempat mengalami down karena kritikan pedas yang membuatnya menghapus episode pertamanya, Novi kembali berkarya melalui evaluasi diri sendiri dan kemudian menemukan bahwa dirinya salah membaca petunjuk untuk mengunggah Webtoon. Setelah kembali membuka akses Webtoon-nya, Novi belajar bahwa pada akhirnya kritikan itu justru membangun. Berbeda dengan saat pertama kali mendapat kritikan, ia kini justru malah menanti-nanti respon apa yang akan dilontarkan oleh para pembaca.

img-1490091996.jpg

Tidak hanya format, Novi pun juga harus belajar mengenai bagaimana membuat adegan yang tepat di setiap episodenya. Ia memaparkan bahwa setiap adegan tersebut harus mempunyai benang merah yang tersambung pada keseluruhan cerita Webtoon-nya. Untuk memahami hal tersebut, Novi mempelajari secara otodidak penyusunan adegan dari sebuah video Youtube mengenai penyusunan adegan pada skenario film yang tidak berbeda jauh dengan penyusunan adegan di Webtoon. Tidak seperti banyak penulis yang seringkali mengalami writer’s block, Novi justru merasa kewalahan dengan banyaknya ide mengenai Nei dan Ge. Kisah Nei dan Ge ini didapatkan dari inspirasi sehari-harinya. Pada episode-episode awalnya, ia menyesal karena langsung mengunggah cerita tanpa memperhatikan koherensi seluruh cerita, namun belakangan ia mulai mendapatkan inspirasi untuk merajut benang merah tersebut. Walau mengalami jatuh bangun di awal pembelajarannya, Novi akhirnya mendapatkan banyak pelajaran. Hingga saat ini Webtoon-nya yang sudah mencapai 9 episode tersebut telah menjadi favorit hingga 600-an orang dan kerap mendapatkan respon positif.

Proses belajar Novi yang mempelajari segalanya sendiri dengan kesungguhan ini patut kita contoh, Speakers. Seperti yang Kings bilang di awal, proses belajar itu tidak mudah. Tapi Kings dapat motivasi nih dari Novi. Menurutnya, berkarya adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu ia ingin membuat dan mempelajarinya dari hati karena ia percaya bahwa segala sesuatu yang berasal dari hati akan sampai ke hati juga. Lelah dan bosan pasti ada, tapi tentu tidak mengalahkan keinginan untuk berkarya dan menginspirasi orang lain. Novi juga berpesan bahwa untuk berkarya, Speakers harus berani memulai dan jujur terhadap diri sendiri selama karya Speakers memberikan nilai positif. Wah, kalau gitu semangat menebar hal-hal positif dan kebaikan terhadap sekitar yuk, Speakers!

 

Penulis: Nurina Azyyati

Editor: Nurmarliana Rahayu


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori