Artikel Populer

Mitos yang sebetulnya tak perlu kamu hindari

Mitos yang sebetulnya tak perlu kamu hindari

Pamali atau dibohongin?

Speakers pernah ditegur orang tua dengan kalimat pamali? Semisal “Jangan potong kuku malam hari. Pamali!”. Kalimat pamali yang sering dikatakan orang tua yang kolot buat semacam larangan tapi ada akibatnya. Sewaktu kamu kecil, pasti mitos-mitos pamali di bawah ini sering  kamu dengar dari orang tua. Eh tapi tunggu deh, apa mitos-mitos itu benar? Atau kamu cuma dibohongi? King rasa sih, kamu dibohongin. Beberapa kalimat pamali yang ternyata jika kita lihat baik-baik ternyata itu larangan yang logis bukan secara mitos.

1. “Jangan keluar rumah saat maghrib, nanti diculik Wewe Gombel”

Sebenarnya tujuan orang tua bilang itu sih, supaya kamu ingat waktu. Mereka tidak mau kamu masih main bola saat maghrib. Biar kamu bener-bener pulang, Wewe Gombel cocok untuk menakut-nakuti kamu!

2. “Kalau makan jangan berisik, nanti dapat mertua yang galak”

Kamu lagi makan, tapi piring dan sendok saling bertabrakan lalu menghasilkan suara yang nyaring. Siap-siap saja kalimat di atas terlontar untuk mu. Padahal, alasan sebenarnya adalah, ketika kamu makan dan berisik, itu sangat mengganggu dan jika ditinjau ulang lagi itu mengajarkan kita buat makan rapi dan sopan. Jadi wajar kalau orang tua ‘ngebohongin’ kamu ya.

3. “Jangan duduk di atas bantal, nanti bisulan”

Bantal berfungsi sebagai alas kepala saat tidur, namun kalau kamu menggunakannya untuk  menaruh ‘bokong’ mu? Berarti gak sopan kan. Jadi, duduk di atas bantal gak akan bikin bisulan kok, hanya saja itu lebih ke etika.

4. “Nyapu yang bersih, biar dapat jodohnya gak brewokan”

Siapa yang mau jodohnya seperti Adam Levine? Douglas Booth? Atau David Beckham? Mau? Simple, kalau nyapu jangan bersih banget ya, hehe. Tapi sebenarnya, gambaran orang tua kita bukan mas-mas brewok ganteng seperti itu. Zaman dulu, lelaki yang memiliki brewok adalah preman atau lelaki yang jahat loh. Makanya orang tua berkata seperti untuk menakut-nakuti kita, supaya dalam menyapu, bisa bersih. Tapi sekarang? Tetap mau nyapu sampai bersih?

5. “Kalau kejatuhan cicak, tandanya bakal dapat sial”

Bukan ‘bakal’ lagi, tapi ‘udah’ sialnya. Kamu lagi asik-asik tiduran di kamar, terus tiba-tiba ‘plakk!’ ada cicak jatuh tepat di kening mu. Ya, kayanya sih itu lebih ke pertanda supaya kamu gak malas-malasan kali yaa.

6. “Jangan pakai payung dalam rumah, nanti gentengnya bocor”

Entah apa maksud kamu memakai payung di dalam rumah, mungkin orang tua mu juga heran, “ngapain pakai payung di dalam rumah?” Orang tua mu baik kok, mereka ingin kamu tahu, fungsi payung itu untuk melindungi kamu dari hujan atau panas matahari, bukan untuk melindungi diri dari lampu rumah.

7. “Jangan duduk depan pintu, nanti jadi perawan tua atau susah jodoh

Kalau kamu duduk atau berdiri di depan pintu, terus ada orang yang mau masuk, jadi susah lewatnya. Alasanya simple, kenapa gak boleh duduk di depan pintu, yup! Mengganggu orang lewat.

Nah itu dia beberapa mitos yang mungkin sampai sekarang masih sering terdengar ya. Untuk Speakers yang masih jomblo, coba ingat-ingat deh, waktu kecil dulu suka duduk depan pintu gak? Mungkin itu menjadi salah satu faktornya? Fakta lain bahwa orang tua zaman dulu melarang sesuatu yang ada akibatnya dilakukan dengan larangan cerdas. Setuju?

 

Penulis: Dwi Putri Aulia

Editor: Inggi R Amartya


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori