Artikel Populer

Mengajar sesama mahasiswa? mungkin kamu akan menghadapi masalah ini

Mengajar sesama mahasiswa? mungkin kamu akan menghadapi masalah ini

Header ilustrasi: polibatam.ac.id

       Speakers, apakah kamu seorang mahasiswa? Di beberapa kesempatan pernahkah kamu memiliki tugas untuk mengajar mahasiswa lain dalam suatu matakuliah? Atau kamu baru mau melakukannya untuk pertama kali? Jika iya, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Why? Karena dalam mengajar sesama mahasiswa, mungkin kamu akan menghadapi beberapa kendala saat melakukan kegiatan tersebut. Untuk itu agar persiapanmu semakin baik, yuk cari tahu di sini kira-kira masalah apa saja yang akan kamu hadapi saat mengajar:

1. Gugup, deg-degan, cemas
Ketiga masalah tersebut mungkin akan kamu hadapi sekaligus. Yap, ketiga masalah tersebut selalu hadir bersama-sama dan umum dialami oleh setiap orang yang akan berbicara untuk orang banyak. Cara agar kamu dapat menghadapi masalah tersebut adalah berpikir positif. Kamu harus bisa mengendalikan pikiranmu terlebih dahulu. Berpikirlah bahwa kamu bisa melakukan apa yang akan kamu lakukan. Misalnya kamu akan mengajar matakuliah tentang sebuah program, tanamkan dalam pikiran bahwa kamu telah menguasainya karena kamu telah mempersiapkan dengan matang terlebih dahulu.

2. Berisik
Namanya juga mahasiswa. Walaupun sudah mencapai jenjang tertinggi dalam dunia pendidikan, masalah seperti ini selalu terjadi. Meski kamu juga memiliki status yang sama dengan mereka, kamu harus bisa mengendalikan mahasiswa yang akan kamu ajar. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Pertama, kamu dapat berbicara di depan ruangan dan memberikan imbauan kepada mahasiswa agar tidak berisik. Kedua, kamu dapat diam beberapa saat agar mahasiswa yang berisik sadar bahwa apa yang ia lakukan mengganggu proses pengajaran.

3. Susah diatur
Masalah yang satu ini juga mungkin akan kamu hadapi. Terlambat masuk ruangan, tidak membuat laporan, tidak menggunakan pakaian yang seharusnya, dan masih banyak lagi aturan yang dilanggar oleh mahasiswa. Di sini kamu harus dapat bertindak tegas kepada mereka. Caranya, kamu dapat memanggil nama mereka satu per satu yang tidak mengikuti aturan tersebut, lalu bicara secara empat mata tanpa perlu mahasiswa lain tahu agar mereka dapat memahami peraturan apa yang telah dilanggar.

4. Tak sesuai harapan
Kadang, masalah seperti ini dapat terjadi. Misalnya kamu sudah berencana untuk melakukan sesuatu pada saat tertentu, akan tetapi pada akhirnya hal tersebut dibatalkan karena adanya beberapa masalah. Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu perlu menyiapkan beberapa cara atau tindakan tambahan dengan membuat plan A, B, atau rencana tambahan lainnya. Banyaknya perencanaan seperti ini membuatmu terlihat semakin siap untuk terus melanjutkan proses pengajaran.

Itulah beberapa masalah yang mungkin akan kamu hadapi saat menjadi pengajar untuk mahasiswa yang mana keadannya dirimu jugalah seorang mahasiswa. Speakers bisa mengatasi masalah-masalah tersebut dengan beberapa tips di atas. Jangan menyerah untuk setiap masalah yang akan kamu hadapi, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Jangan lupa untuk berlatih terus menerus agar kemampuan yang kamu miliki dapat meningkat!


Penulis: Andriannus Parasian
Editor: Nurmarliana Rahayu


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori