Artikel Populer

Mendaki gunung, mensyukuri nikmat Sang Pencipta Maha Agung

Mendaki gunung, mensyukuri nikmat Sang Pencipta Maha Agung

Mencintai alam bisa dengan berbagai cara, salah satunya mendaki gunung. Belakangan mendaki gunung menjadi tren dikalangan anak muda. Bahkan mendaki gunung menjadi destinasi wisata utama kala libur panjang sekolah. Apa menariknya? Yuk, simak penuturan dua pendaki gunung berikut.

Berawal dari kecintaannya pada alam, Reza Renaldi memulai pendakian pertamanya di Gunung Semeru. Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl dan tertinggi di Pulau Jawa itu memberi kesan pertama yang tak terlupakan. “Di pendakian Gunung Semeru gue ngerasain kayak di film 5cm, kaki gue tergelincir, terperosok kedalam pasir dan berguling-guling,” tutur mahasiswa jurusan Penyiaran di Bina Sarana Informatika ini.

Tak hanya itu saja, Reza juga mengalami kendala lain ketika salah seorang pendaki yang baru ia kenal mengalami hipotermia. Pendakiannya sempat terhenti selama beberapa jam. “teman gue itu sudah putus asa dengan kondisinya itu bahkan ia minta gue untuk melanjutkan pendakian dan ninggalin dia. Tapi gue bilang, kalau lu disini gue juga di sini. Gue gak mau naik kalau lu gak naik. Kalau lu mau gue lanjut, ayo kita naik bareng,” tambahnya. Pendakian pun berlanjut ketika matahari terbit. Namun baru setengah jalan, kabut menutupi jalur pendakian dan pendaki yang sudah sampai puncak mulai turun. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk turun sebelum mencapai puncak. Tapi, mereke berdua masih berkeinginan menggapai Mahameru suatu saat nanti.

img-1469451219.jpg
Reza di pendakian Gunung Papandayan

Tak sempat memijakkan kakinya di puncak Mahameru, Reza berhasil di puncak Merbabu setelah melewati track yang membuatnya nyasar dan kekurangan persediaan air.  “Gue sedih, senang, dan menangis haru bisa sampai di puncak Gunung Merbabu. Di situ gue merasa kecil di mata Tuhan dan gue berfikir akan kebesaran Tuhan,” ungkapnya haru.

Hal senada juga diungkapkan Ridhwan Adi, kawan sependakian Reza yang lebih dulu mengenal pendakian gunung.

“Momen prestisius itu ketika sudah sampai di puncak gunung, gue speechless, hanya bisa berteriak, bersujud dan bersyukur kepada Tuhan karena bisa menikmati keindahan alamnya,” ungkap Ridhwan yang sudah mendaki beberapa gunung di pulau Jawa.

Mitos tanjakan cinta

Tanjakan cinta merupakan jalan setapak menuju bukit dan berada didekat danau Ranu Kumbolo, Gunung Semeru. Mitos tanjakan cinta tersohor dikalangan pendaki gunung. Mitos yang beredar, jika pendaki berhasil melewati tanjakan cinta tanpa menengok ke belakang sembari memikirkan seseorang, maka ia akan berjodoh dan cintanya akan abadi.

img-1469451291.jpg
Kebersamaan Reza (kedua dari kiri dan Ridhwan ke-empat dari kiri)

img-1469451358.jpg
Ridhwan, di ujung Tanjakan Cinta

Momen ini tak dilewatkan Ridhwan yang kala itu mendaki bersama Reza. Selesai doa bersama di Danau Ranu Kumbolo, Ridhwan memimpin jalan dengan posisi kamera menghadap belakang untuk mengambil gambar sementara dirinya fokus melihat ke depan. Meski sempat diledekin oleh teman-temannya, Ridhwan berhasil sampai di ujung tanjakan cinta tanpa menengok ke belakang. “Kalau gue gak terlalu percaya sama mitos yang begituan malah gue jalan mundur,” seloroh Reza.

Kebersamaan dan solidaritas sesama pendaki menjadi alasan lain mereka ingin kembali naik gunung. Mereka berdua memiliki target setelah wisuda kuliah nanti untuk mendaki Rinjani dan Gunung Kerinci.

Bagi dua sahabat ini pendakian gunung tak sekadar jalan-jalan tapi membawa keduanya lebih mengenal alam, diri sendiri, kawan serta Tuhan yang menciptakan semua kehidupan.

 

Penulis/Foto: Ifa Ikah

 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori