Artikel Populer

Mau usaha berbasis franchise, yuk ketahui peraturannya terlebih dahulu

Mau usaha berbasis franchise, yuk ketahui peraturannya terlebih dahulu

Speakers, kalian pasti pernah dengan istilah franchise, kalau belum, mungkin ini dikarenakan franchise adalah bahasa serapan, sedangkan bahasa yang akrab didengar adalah bisnis waralaba. Bisnis waralaba tidak hanya dilakukan oleh mereka yang sudah mapan saja loh, tapi bagi anak muda khususnya 20 tahunan bisa memulai bisnis ini, kalau teman teman ingin salah satu contoh bisnis waralaba seperti ini bisa dilihat seperti alfa marot, atau info mart yang sudah terkenal.

Berbicara mengenai bisnis mungkin aka nada yang disebut ruler atau peraturan yang disepakati untuk mengatur dan me-manage lalu lintas bisnis yang di maksud. Oleh sebab itu beberapa kode etik dikonsepkan oleh AFI yang memiliki kepanjangan dari Asosiasi Franchise Indonesia, hal ini bertujuan agar ide atau konsep bisnis yang dilakukan tidak sembarangan atau hanya memikirkan aspek bisnis aja.

Dalam kode etik poin pertama yang ditulis oleh Perkumpulan AFI dalam bukunya ‘franchise bible’ menuturkan bahwa si penggagas bisnis atau biasa disebut Franchisor harus bersedia memberi informasi yang lengkap dan jelas dalam bahasa yang dimengerti oleh calon Frenchisee atau orang yang akan menjual produknya, dan dalam hubungan franchisor serta franchisee mengenai komiten dan tanggung jawab masing-masing. Jadi yang dimaksud hal di atas ialah keterbukaan dan transparansi dalam pembuatan komitment dan surat, bukankah dalam bisnis sifat jujur hal yang paling? Dan tentu saja peraturan ini ingin mengatakan bahwa bisnis franchise adalah bisnis yang mengutamakan kejujuran di kedua belah pihak, Speakers. 

Sedangkan dalam poin selanjutnya seorang penggagas bisnis tidak dibenarkan mengadakan diskriminasi berdasarkan ras, agama, gender, dst, dan dalam poin ini si penggagas bisnis boleh membantu agennya untuk mencari sales professional dengan menanyakan ke jaringannya. Oleh sebab itu dari poin ini membatasi tema atau konsepnya tidak ‘menimbulkan masalah’ atau yang lainnya, serta mempunyai hak dalam membantu pemasaran agen.

Menjadi penggagas bisnis melalui sistem Franchise tidak hanya memikirkan pemasukan dan pengeluaran saja loh Speakers, hal ini pun di atur dalam kode etik, bahwa seorang pengagas bisnis harus melakukan dialog yang permanen atau memiiki rasa saling pengertian dengan melakukakan perbaikan-perbaikan sistem, oleh sebab itu pertemuan yang bersifat workshop atau pengadaan humas untuk menjaga komunikasi antar agen harus dilakukan dan hal ni di atur dalam point ketiga dan ke empat dalam buku Franchise bible.

Kalau sebelumnya membahas tentang kewajiban seorang pengagagas, di poin kelima dan keenam mengatur kewajiban seorang agen dari si pengagas untuk selalu menjaga nama baik si pengagagas dan bisnis yang di jalankannya, serta memberikan transparasi dalam setiap perkembanganya. Dalam hal ini si agen bisa menyampaikan apa yang di alami bisnisnya kepada si pengagas sehingga mencari solusi bersama atas masalah yang dimaksud. Sehingga terciptanya loyalitas dan kerjasama dalam memenuhi kebutuhan konsumen seperti yang di tuliskan pada poin terakhir.

Dalam Perjalanannya menjadi pengusaha dengan sistem frenchise memiliki awal yang sulit loh Spekers, akan tetapi kita bisa melihat banyak sekali para pengusaha muda memiliki kesusksesan yang gemilang setelah melampaui masa-masa sulit tersebut. Tentunya harus ada persipan matang untuk memulainya, gimana Speakers? Pastinya tambah bersemangat dalam berwirausaha dong!

 

Penulis: Basyir Iskandarsyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori