Artikel Populer

Kue unik khas Indonesia

Kue unik khas Indonesia

Setuju nggak sih kalau kue adalah makanan yang paling banyak macam atau jenisnya? Apalagi di Indonesia. Kue untuk ulang tahun, untuk lebaran, untuk ngemil, untuk pernikahan, semuanya beda-beda. Kue di daerah ini akan sangat beda sama kue daerah itu. Tapi yang jelas, semuanya enak loh! Apa aja sih kue tradisional Indonesia yang unik-unik? Yuk, di simak!

1.Kue putu mayang

Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Kue putu mayang dimakan dengan kuah yang dibuat dari campuran santan dan gula merah. Kue ini unik karena bentuknya seperti mie yang digulung-gulung jadi hampir mirip bola. Uniknya lagi, kue ini akan banyak diproduksi waktu bulan Ramadhan aja, karena cocok untuk disantap saat buka puasa. Selain di bulan Ramadhan, kue ini lumayan sulit dicari, karena yang bikin memang sudah sedikit.

2. Kue tambang

Bukan tali tambang yang bisa dimakan. Tapi, ini adalah kue goreng yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula berbentuk menyerupai tambang. Kue ini teksturnya renyah, cocok jadi temen buat nonton TV atau ngobrol-ngobrol di ruang tamu.

3. Kue sarang burung

Seperti namanya, kue ini berbentuk mirip sarang burung. Biasanya terbuat dari ubi yang dipotong halus panjang dan dibalut gula merah. Teksturnya renyah juga, seperti kerupuk. Nama kue ini beda-beda, misalnya di Minangkabau disebut kue sarang balam. Ada juga yang menyebut kue ini dengan nama kue kremes, karena saat dimakan bunyinya “kremes..kremes...”

4. Kue cenil

Adakah dari Speakers sekalian yang belum pernah makan kue cenil? Berarti belum jadi orang Indonesia seutuhnya. Kue cenil termasuk salah satu kue tradisional terbaik untuk dicemil, karena gak bikin cepat kenyang, rasanya manis campur gurih, kenyal, dan murah. Biasanya, kue cenil disajikan bersama kue tradisional lainnya seperti getuk, ketan hitam, dan jagung rebus.

5. Kue ape

Kue ape juga merupakan salah satu kue paling populer sebagai jajanan ala Indonesia. Tapi, hanya banyak ditemukan di tempat-tempat yang ramai, seperti wilayah Jabodetabek. Kue ini unik karena tengahnya tebal, tapi pinggirnya tipis dan lebih renyah. Rasa yang paling sering ditemui adalah pandan, tapi suka ada juga yang jual rasa coklatnya.

Nah, Speakers, udah cobain kue-kue di atas? Mana yang jadi kesukaan kalian?

 

Penulis:  Sifa Maulida

Header:  rumaholeholeh.wordpress.com


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori