Artikel Populer

Kenapa keselamatan kerja itu penting?

Kenapa keselamatan kerja itu penting?

Pernahkah Speakers melihat kecelakaan para pekerja di tempat kerja? Atau bahkan merasakan kurangnya fasilitas keamanan dan kesehatan di tempat kerja mu? Nah, fenomena-fenomena tersebut sering kali terjadi karena kurangnya pemahaman akan K3 terutama untuk pekerja muda. 

International Labour Organization (ILO), Kementrian Ketenagakerjaan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Aspindo), serta organisasi pekerja merayakan hari keselamatan kerja dunia (World Safety Day) yang jatuh pada Jumat, 28 April 2017 dengan membuat diskusi interaktif K3 yang difokuskan pada pekerja muda. Diskusi ini menghadirkan tiga pembicara perempuan yaitu, Ms. Meilany, HRD dari CV Mubarok Food Cipta Delicia, Ms,. Syarifah Ratnawati, Research and Development dari Trade Union Rights Centre, dan Ms. Lusiani Julia, Senior Programae Officer, ILO Country Office for Indonesia and Timor-Leste.

img-1493473790.jpg
Ms. Lusiani membuka acara ini dengan memberikan sambutannya dengan menjelaskan bahwa telah terjadi banyak sekali kecelakaan kerja terjadi terutama pada pekerja muda yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan akan K3 dan pengalaman di dunia kerja. “They are less exposure and experience in the working place.” Jelasnya dalam bahasa Inggris. Para fanelis juga menyampaikan bahwa K3 merupakan suatu hal yang mudah untuk dibicarakan, namun sangat sulit untuk diterapkan di tempat kerja. “Solusi yang dapat dilakukan untuk tetap bekerja aman ialah dengan aturan yang ketat yang harus dilakukan karyawan setiap harinya, seperti mengecek peralatan sebelum bekerja, sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi” ucap Ms. Meilany setelah ditanya cara penerapan K3 di CV Mubarok Food Cipta Delicia. 

Selain memberikan materi tentang pentingnya K3 dan bagaimana cara penerapannya di lapanagan, acara yang dilaksanakan di Locanda Café, Gedung Bank Panin, Jakarta Pusat, meminta para peserta acara yakni para mahasiswa dan pekerja muda usia di bawah 24 tahun untuk memberikan ide konkritnya untuk penerapan K3 di lingkungan sekitar dalam bentuk kuisioner. Kemudian juga pada kesempatan ini, ILO juga launching dua program barunya yaitu Youth 4 OSH dan SafeYouth@Work Project. 

So, untuk Speakers yang sudah bekerja saat ini, tetap jaga kesehatan dan keselamatan yaa! Lebih baik mencegah daripada mengobati, so selalu aturi peraturan ya, Speakers.
Selamat beraktivitas!


Penulis: Sulistianing Ambarwati
Editor: Galih Nugros


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori