Artikel Populer

Kamera digital sering drop? mungkin ini masalahnya

Kamera digital sering drop? mungkin ini masalahnya

Pernahkah Speakers ketika mengambil gambar melalui kamera mengalami hambatan pada daya tahan batrerai? Nah mungkin Speakers salah menggunakan baterai atau baterai yang digunakan memang bermasalah. Sedikit sharing buat Speakers tentang problem yang King alami saat menggunakan Canon Coolpix. Hampir saja service total, yang awalnya saat terkendala dalam power up kamera tidak menyala. Setelah mencari solusi ke sana-sini ternyata baterai yang digunakan tidak sesuai. Tentu hal ini pernah dirasakan Speaking dengan kamera kesayangannya, yang tiba-tiba drop tanpa alasan. Jika terjadi hal demikian, jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk diservice, karena bisa saja baterai yang digunakan tidak sesuai dengan voltase kamera.

Kali ini membahas tentang baterai yang umumnya digunakan untuk kamera digital ya Speakers. Baterai pada umumnya yang digunakan kamera digital yaitu ukuran AA, ukuran ini biasa di jumpai pada jam dinding rumah, berdasarkan daya kegunaannya terbagi menjadi dua yakni batrai yang unrechargeable (tidak bisa di isi ulang) dan rechargeable (dapat di isi ulang).

Pada jenis baterai yang sekali pakai yang memilki standar terendah hanya alkaline, karna jenis baterai zinc atau yang terbuat dari seng  diperuntukan alat yang low voltage seperti jam dinding, sedangkan baterai jenis Nicd atau NiMH hanya tersedia yang rechargeable.

NiCd adalah kepanjangan dari Nickel Cadmium dan NiMH adalah kepanjangan dari Nickel metal hydride. Kedua jenis batrai ini sebenarnya berbeda, tapi fungsi dan kinerjaanya hampir sama. Jenis NiMH di produksi untuk memperbaharui NiCd yang bermasalah dalam massa jenis baterai dan kapasitasnya, oleh sebab itu jarang kita jumpai baterai jenis NiCd karena digantikan dengan NiMH karna berbagai kekurangannya. Akan tetapi Jenis NiMH dalam kinerjanya memiliki kekurangan yaitu daya penyimapanan batrai yang kurang stabil. Jika Speakers menggunakan baterai jenis NiCd atau NiMH maka Setiap 10-15 kali pengisian, kosongkanlah baterai hingga habis sama sekali sebelum mengisi ulang.

Kinerja barerai jenis NiCd atau NiMH dapat diatasi dengan baterai jenis Lithium ion. Lithi Ion menjadi rekomendasi utama untuk penggunaan batrai kamera, permasalahan Lithium ion terutama di model baterai AAA adalah di harga jualnya yang melebihi alkaline dan Nicd atau NiMH.  Selain itu, secara fisik Jika daya batere benar-benar habis dan voltase-nya turun di bawah ambang tertentu, kapasitas energibatere Li-ion akan menciut secara permanen. Akan tetapi baterai tipe Li-Ion tidak memiliki memory effect sehingga tidak menimbulkan masalah pada daya tampung listrik saat di isi ulang.

Oleh sebab itu alasannya daya tahan baterai yang digunakan berbeda, hal ini dikarenakan daya listrik yang ditampung baterai memiliki memory effect, dan jenis yang terbaik adalah Li-Ion dalam penggunaannya. Dalam mengambil gambar melalui kamera, daya tahan baterai memang sangat penting terutama di momen tertentu. Selamat mengabadikan momen terindah, Speakers!

 

Penulis: Basyir Iskandarsyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori