Artikel Populer

Intip kehebohan delapan negara ini di hari kemerdekaannya

Intip kehebohan delapan negara ini di hari kemerdekaannya

Kehebohan perayaan hari kemerdekan  ternyata bukan hanya ada di Indonesia loh. Mau tahu negara di belahan dunia lain yang memiliki perayaan kemerdekan seperti di Indonesia? Berikut ini terdapat negara-negara yang memiliki tradisi unik dalam merayakan hari bersejarahnya:

1.Australia

Setiap tanggal 26 Januari, acara seperti festival, konser, piknik, dan barbeque adalah kegiatan khas yang dilakukan warga Australia. Tradisi hari kemerdekaan ini memiliki cara yang berbeda di setiap kotanya. Seperti Sidney, dengan lomba perahunya yang sudah mendunia, Perth dengan pertunjukan kembang api kolosal, atau Melbourne dengan pesta rakyatnya. Selain itu, digelar juga berbagai konser dengan warga yang berkostum warna-warni.

2. India

img-1471855165.jpg

Perayaan kemerdekaan India/Merdeka.com

Hampir sama dengan di Indonesia, di pagi hari tanggal 15 Agustus warga India menghadiri upacara bendera. Selain itu mereka juga menghias rumah, kantor, dan sekolah dengan bendera. Warga India juga menyaksikan upacara bendera yang ditayangkan secara langsung. Sehabis menyaksikan pidato dari sang perdana menteri, mereka langsung turun ke jalan untuk melakukan tarian tradisional dan menyaksikan langit India yang dihiasi dengan layang-layang.

3. Prancis

Rayakan kemerdekaan pada 14 Juli, Prancis kerap mengadakan parade militer di Champs-elysees. Selain itu, juga ada pesta kembang api yang menjadi salah satu ritual wajib. Tradisi terbaru warga Prancis ialah menghadiri pesta yang diadakan pemadam kebakaran, lengkap dengan seragamnya, mereka menari, menyanyi.

4. Ghana

img-1471855011.jpg

Perayaan kemerdekaan Ghana/Sportourism

Sebagai negara pertama di benua hitam yang merdeka pada 6 Maret 1957, Ghana memeringati kemerdekaannya dengan parade dan pawai keliling sambil menyalakan kembang api. Namun, pesta tersebut dirasa mereka kurang lengkap jika tidak ada pesta jalan dan kemacetan. Digelar juga pesta yang biasanya diadakan di pantai dengan musik dan tarian hip hop.

5. Meksiko

Meksiko merayakan hari kemerdekannya pada 16 September dengan perayaan parade, konser, dan pesta. Pusat perayaan dilakukan di Zocalo, alun-alun terbesar di dunia yang jadi tempat berkumpul jutaan orang. Biasanya presiden Meksiko akan hadir dan melakukan seruan patriotisme dan disambut dengan yel-yel oleh masyarakat.

6. Amerika Serikat

img-1471854946.jpg

Perayaan kemerdekaan AS/Merdeka.com

Tanggal 4 Juli diperingati sebagai hari kemerdekaan Amerika Serikat. Perayaan seperti parade, pesta kembang api, dan piknik digelar warga Amerika dengan meriah. Bahkan, sejumlah restoran di Amerika berlomba-lomba mengeluarkan menu khusus untuk memeringati hari bersejarah tersebut. Perayaan hari kemerdekaan Amerika memang sangat megah, ditambah di setiap wilayah biasanya diadakan konser yang diisi oleh musisi kelas dunia.

7. Qatar

Merdeka pada 3 september 1971, Qatar menggelar pesta tiga hari beruntun dalam merayakan hari bersejarahnya. Perayaan bias terasa sejak satu pecan sebelum memasuki bulan September, karena seluruh warga sudah mulai mempersiapkan diri untuk menyambut hari kemerdekaan. Pada puncak perayaan, pemerintah Qatar mengadakan parade militer dengan menampilkan jet-jet tepur yang menghiasi angkasa dan atraksi terjun payung.

8. Indonesia

Panjat pinang bisa jadi perayaan wajib di hari kemerdekaan RI. Filosofi dari panjat pinang sendiri digambarkan sebagai cara bahu membahu rakyat Indonesia dahulu saat meraih kemerdekaan.

Itulah ke negara-negara yang juga memiliki tradisi wajib di hari kemerdekaan. Gimana, pastinya sama ramainya, kan dengan acara 17 Agustusan di daerah Speakers?!

 

Penulis: Dwi Putri Aulia

Header: merdeka.com

 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori