Artikel Populer

Inilah alasan mengapa menjadi volunteer itu memiliki beberapa persyaratan

Inilah alasan mengapa menjadi volunteer itu memiliki beberapa persyaratan

Speakers, apakah kamu tahu apa itu relawan? Secara garis besar, relawan atau volunteer merupakan sekelompok orang yang bekerja tanpa dibayar dan mempunyai tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi.

Apakah kamu seorang volunteer? Atau ingin merasakan sensasi menjadi volunteer? Jika iya, kamu hanya perlu mencari lowongannya melalui internet. Sebab, sudah cukup banyak organisasi yang mencari jasa seorang relawan. Akan tetapi, menjadi volunteer bukan berarti kamu bebas masuk begitu saja, Speakers. Terkadang ada beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan dalam proses seleksi sebelum akhirnya resmi diterima menjadi seorang volunteer. Apa saja? Dan untuk apa, sih? Padahal, menjadi seorang relawan itu tidak dibayar. Berikut beberapa persyaratan dan alasannya:

1. CV - Melihat data diri calon relawan

Untuk menjadi relawan, kadang kamu akan diperintahkan untuk mengirimkan CV (Curriculum Vitae) yang umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan. Tetapi, secara tidak langsung menjadi seorang relawan itu tidak jauh beda dengan seorang karyawan yang sedang bekerja. Organisasi yang kamu lamar tersebut tentu harus melihat data diri calon relawannya terlebih dahulu.

2.Interview – Melihat lebih dalam sosok calon relawan

Setelah melihat CV calon relawan, organisasi pada umumnya akan memberikan informasi kepada calon relawan untuk melakukan tahap berikutnya; interview. Calon relawan biasanya akan diberitahu lokasi dan waktu untuk melakukan interview tersebut. Interview sendiri dilakukan bertujuan untuk melihat lebih dalam sosok calon volunteer. Akan ada beberapa pertanyaan yang mungkin akan diajukan pihak organisasi. Kamu cukup menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

3.Tanda tangan kontrak – Melilhat keseriusan calon relawan

Setelah kamu diterima menjadi salah satu relawan suatu organisasi, kamu mungkin saja akan diperintahkan untuk melakukan tanda tangan kontrak dengan organisasi tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk melihat keseriusan dari para relawan. Tanda tangan yang dilakukan pun bisa hanya seperti selembar kertas atau dilampirkan sebuah materai, semua ini tergantung organisasi yang kamu pilih.

Ketiga hal di atas merupakan beberapa syarat yang mungkin akan kamu lalui. Tetapi semua kembali lagi tergantung pada sistem yang dimiliki organisasi sasaranmu. Menjadi seorang relawan itu memiliki banyak manfaat loh, Speakers! Seperti halnya Speakingmagz.com saat ini juga sedang mencari kandidat volunteer untuk berbagai posisi. Tertarik? So, yuk ubah niat baik menjadi aksi baik!

 

Penulis: Andriannus Parasian

Editor: Nurmarliana Rahayu


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori