Artikel Populer

Ini dia 6 tips berbicara yang baik di atas panggung

Ini dia 6 tips berbicara yang baik di atas panggung

Haloo Speakers.... berbicara di depan umum bagi sebagian orang merupakan satu momok yang menakutkan. Terutama bagi orang-orang yang pemalu, kaya King gini hahaha. Tapi jangan salah, seorang pemalu yang jarang berbicara di depan umum belum tentu selamanya akan malu berbicara di depan umum. Salah satu buktinya yaitu pengisi acara Ted Talk, Simon Sinek.

Disarikan dari situs entrepreneur.com, Simon itu awalnya orang yang pemalu dan tidak suka berbicara di depan banyak orang. Penulis buku best seller “Start With Why” ini kemudian membeberkan rahasianya bagaimana ia mampu meningkatkan kepercayaan dirinya hingga seperti sekarang ini. Berikut ini tips berbicara di depan umum dari Simon Sinek:


1. Jangan langsung berbicara

Biasanya ketika seorang pembicara naik ke atas panggung, ia akan langsung berbicara tentang topik yang ingin dia sampaikan. Hal tersebut justru menyebabkan komunikasi menjadi tidak nyaman. Menurut Simon, yang pertama seharusnya dilakukan yaitu berjalan perlahan menuju panggung. Kemudian ambil nafas yang dalam, atur posisi yang nyaman untuk kalian, dan tunggu beberapa menit barulah mulai bicara. Simon mengatakan bahwa cara tersebut emang sudah paten dari lama banget, membosankan dan membuat kita diliputi rasa awkward yang luar biasa. Akan tetapi, cara tersebut jitu menunjukkan kepada audiens bahwa kalian percaya diri serta menguasai situasi.


2. Show up to give, not to take

Kebanyakan orang memberikan presentasi suatu produk atau ide adalah agar audiens mengikuti ide atau membeli produk mereka. Sinek menyebut orang-orang semacam ini sebagai “takers”. Bagi orang-orang semacam ini, bukannya presentasi sukses dijamin malah ditinggal kabur audiensnya. Tipe-tipe “takers ini banyak lho ditemui di sekolah-sekolah, di mana sang guru suka memaksakan kehendaknya pada sang murid. Beda banget dengan “givers” yang mereka anggap memberikan suatu nilai baik bagi mereka, menginspirasi, serta mengajari hal-hal baru; dibandingkan “takers”. Sebagai perumpamaan, bisa dibilang seperti presiden Soekarno adalah seorang “givers”, ia bukan hanya menginspirasi, tapi sering memposisikan dirinya seperti khalayak sehingga rakyat pun merasa dekat dan tertarik dengan apa yang disampaikan lewat pidatonya.


3. Lakukan kontak mata dengan peserta satu per satu

Melihat peserta sekilas aja di pada pandangan pertama merupakan hal yang sangat buruk dilakukan. Baiknya yang harus kita lakukan ialah menatap mata peserta dengan intens saat tampil di atas panggung. Kemudian beralih menatap mata peserta lainnya saat mulai berbicara lagi. Hal tersebut justru membuat seluruh audiens kamu merasa klik.


4. Biasakan berbicara perlahan

Saat berbicara di depan umum tentunya kita merasakan yang namanya nervous. Dan di saat nervous itulah secara tidak langsung kita akan berbicara dengan terburu-buru. Untuk mengatasi hal tersebut, Simon mengatakan bahwa kita perlu untuk diam sejenak dan tarik nafas dalam-dalam. Kebiasaan itu akan membuat kita mampu berbicara perlahan dari satu kata ke kata berikutnya.


5. Abaikan orang yang tidak suka denganmu

Biasanya saat kamu sudah di atas panggung akan terlihat audiens yang mulai menampakkan raut ketidakpercayaan mereka. Misalnya saja ada yang mengerutkan alis mereka atau menyilangkan tangan mereka di depan dada. Abaikan orang-orang seperti itu. Fokus aja, stay cool, sebab itu akan meningkatkan kepercayaan diri kamu dan membuat kamu lebih rileks.


6. Ucapkan terima kasih ketika sudah selesai berbicara

Simon menganggap tepuk tangan peserta merupakan sebuah hadiah yang istimewa. Oleh karena itu, untuk membalasnya ia selalu mengakhiri presentasinya dengan ucapan terima kasih ya Speakers. Mereka udah rela meluangkan waktunya untuk kamu, jadi cara untuk membalasnya adalah dengan berterima kasih.


Nah itu dia tadi Speakers 6 tips bagaimana berbicara di depan umum. Klo Simon Sinek aja yang pemalu bisa, pasti Speakers semua juga pasti bisa. Gak ada yang gak mungkin dilakukan klo belum dicoba. Semuanya butuh waktu dan kerja keras yang gak sedikit. Oke deh Speakers, segitu aja dulu yaaa tips dari King. Besok-besok King akan balik lagi dengan tips-tips atau info lainnya. Bye Speakers.

 

Penulis: Kintan Lestari

Sumber: entrepreneur.com

 



Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori