Artikel Populer

Indonesia menganut dwikewarganegaraan gak sih?

Indonesia menganut dwikewarganegaraan gak sih?

         Isu dwikewarganegaraan kini menjadi headline hampir di semua media, baik media lokal maupun media nasional. Pencopotan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru saja dilantik oleh Bapak Jokowi (Bapak Arcandra Tahar) dan juga pencopotan Gloria Natapradja Hamel sebagai anggota paskibraka nasional menjadi kasus yang kini menjadi sorotan publik di Indonesia.

Nah, sebenarnya Speakers tau gak sih dwikewarganegaraan itu apa dan bagaimana aturannya di Indonesia? Yuk, lihat artikel King kali ini yaaa!!!!

1. Liat dulu Undang-undang

Aturan mengenai kewarganegaraan sendiri diatur di UU Nomor 12 Tahun 2006 loh Speakers. Sebenernya, kalau King lihat dari aturan ini, Indonesia mengakui dwikewarganegaraan sampai seorang anak berumur 18 tahun Speakers. Dan jika seorang anak sudah berumur 18 tahun, ia harus sudah memilih mau menjadi warga negara indonesia apa warga negara asing.

Nah, untuk kasus Gloria sih, jika kita melihat pada UU Nomor 12 Tahun 2016 ini, Gloria yang kini masih berusia 16 tahun masih dapat dikategorikan sebagai warga negara Indonesia. Cuma memang dalam undang-undang ini juga diatur bahwa seseorang akan kehilangan kewarganegaraannya jika seseorang telah memiliki paspor dari negara lain. Heeem, walaupun Gloria sendiri memiliki paspor Prancis namun bukan berarti Gloria sudah kehilangan kewarganegaraannya sebagai warga negara Indonesia loh. Paspor Prancis yang dimiliki oleh Gloria memang didapat langsung dari pemerintahan Prancis karena negara tersebut membolehkan dwikewarganegaraan. 

2. Emangnya kalo seseorang sudah menetap lama di luar negeri, orang yang bersangkutan akan kehilangan kewarganegaraannya?

Heeem...pernah denger dong, kalau sebenarnya banyak warga negara Indonesia yang sedang menuntut ilmu atau bekerja di luar negeri pada saat ini! Nah, pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah karena mereka menetap di luar negeri terus mereka akan kehilangan warga negaranya? Berikut sedikit penjelasan dari King untuk Speakers!

Sebenernya di UU Kewarganegaraan mengatur kalau ada beberapa perbuatan yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan kewarganegaraannya. Dan beberapa diantaranya adalah orang tersebut memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauan sendiri dan/atau memiliki paspor yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku atas namanya. 

Jika memang Bapak Arcandra telah memiliki paspor dan mengucap sumpah untuk menjadi warga negara Amerika, maka kalau berdasarkan UU ini, beliau memang sudah kehilangan kewarganegaraannya Speakers. Cuma ada baiknya kita mendengar langsung klarifikasi dari Bapak Arcandra mengenai hal ini, agar tidak memunculkan opini publik yang menyudutkan pihak manapun. Ayo pak Arcandra, ada banyak karya lain yang menunggu untuk pak Arcandra lakukan di bumi pertiwi ini!! 250 juta rakyat Indonesia mendukungmu, Pak!

Sekarang Speakers udah pada ngerti dong ya tentang dwikewarganegaraan yang lagi hits ini? Sekarang, buat para Speakers yang saat ini sudah memiliki KTP Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia, maka berbanggalah Speakers dan King doain semoga Speakers dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa kita yang besok berusia 71 tahun loooh

Karena bahkan ada beberapa orang diantara kita yang ingin berbakti untuk bangsa Indonesia namun harus terjanggal dengan masalah administrasi dwikewarganegaraan seperti ini. King harap sih Bapak Arcandra dan Gloria dapat terus berkarya untuk Indonesia yah!


Penulis: Angga Karona


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori