Artikel Populer

Hari Pendidikan Nasional bagi mahasiswa

Hari Pendidikan Nasional bagi mahasiswa

Mesin pencari google akan menampilkan deret informasinya ketika kita mencoba mengetik kalimat “HARDIKNAS 2017”. Membuka laman Google bagian berita diisi dengan update an mengenai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017 (HARDIKNAS) yang jatuh setiap 2 Mei di berbagai daerah. Bukan hanya Google saja yang menampilkan berita terbarunya. Tentang upacara, penghagaan yang diberikan  saat hari pendidikan, atau tentang aksi yang dilakukan mahasiswa atau tenaga pendidik. Bahkan ada yang memberitakan tentang demo ricuh yang dilakukan oleh sebagian oknum mahasiswa.

Terutama untuk kalangan mahasiswa berbagai akun mahasiswa memberitakan update mengenai beberapa HARDIKNAS dengan cara aksi. Bagi mahasiswa sendiri HARDIKNAS identik dengan aksi. Sebagian orang menganggap memperingati HARDIKNAS yang dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan aksi baik itu di kampusnya, gedung pemerintahan, instansi pendidikan merupakan hal buruk. Itu adalah pikiran kolot yang masih menjadi kebiasaan di kalangan orang-orang baik itu orang tua ataupun mahasiswa yang “study oriented”. Bagi mereka yang awam terhadap  kalimat ‘aksi’ pasti akan mengatakan itu adalah tindakan pembangkangan, ricuh, keroyokan. Pahal tidak semua aksi berakhir seperti itu, karena niat sebenarnya ‘aksi’ adalah salah satu media mahasiswa untuk menyuarakan pendapatnya. Walaupun pada eksekusinya terkadang berakhir dengan ricuh.

Kamus Besar Bahas Indonesia mengartikan ak-si adalah 1 gerakan: - pengumpulan dana; 2 tindakan: pem-balasan; 3 sikap. Berbagai pendapat dan menurut beberapa sumber yang saya baca dapat disimpulkan aksi adalah sikap atau penyampaian sikap yang disertai dengan tuntutan tertentu kepada suatu instansi (tapi ini bukan demo yaa). Biasanya aksi sendiri dilakukan untuk menyuarakan atau memperingati hari-hari tertentu. Seperti hari buruh dan hari pendidikan nasional yang dilakukan oleh mahasiswa yang tadi kita bahas di atas. Sebelum aksi biasanya dilakukan pengiriman surat perizinan dulu ke pihak keamanan atau ke pihak bersangkutan tentang  jam segini, tempatnya di sini dan lain-lain. Upaya ini merupakan salah satu tindakan untuk menghindari dari aksi ricuh. Sebenarnya saya sendiri kurang mengerti karena yang biasanya tahu tentang hal seperti ini adalah aktivis dari kalangan BEM atau aliansi-aliansi.

Kita pindah lagi ke memperingati HARDIKNAS di berbagai kampus. Menurut sumber akun tentang mahasiswa kebanyakan aksi yang dilakukan untuk memperingati HARDIKNAS ini adalah yakni menolak komersialisasi pendidikan. Berbagai macam tuntutan mahasiswa tentang yang menyangkut masalah sistem pendidikan di kampusnya. Hampir setiap kampus melakukan aksi nya. Bahkan ada juga dosen atau tenaga pendidik yang melakukan aksi. Aksi yang mereka lakukan berakhir damai dengan audiensi terbuka dari pihak yang bersangkutan tanpa adanya aksi keroyokan atau hal yang merugikan lainnya.

Intinya memperingati Hari Pendidikan Nasional ini melalui berbagai cara jangan sampai menghilangkan esensi dan filosofi nya. Karena pendidikan bukanlah sesuatu yang rumit. Hanya saja yang memperumit tentang pendidikan itu sendiri adalah kita.Kita semua berharap semua yang menyangkut tentang pendidikan di negeri ini selalu semakin baik. Infrastruktur, sistem, tenaga pendidik, kita sendiri sebagai objek pendidikan harus ada perubahan terutama sebagai mahasiswa harus menjadi penggerak. Mahasiswa sebagai telinga dan mulut rakyat dapat menyampaikan aspirasi atau tuntutannya dengan cara yang aman, damai, jauh dari kata ricuh dan keroyokan demi tercapainya harapan Bapak Pendidikan kita Ki Hajar Dewantara. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

 

 

Penulis: Inggi R Amartya

Editor: Galih Nugros


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori