Artikel Populer

GERHANA MATAHARI TOTAL ;  APA SIH?

GERHANA MATAHARI TOTAL ; APA SIH?

Hallo Speakers!! Udah tau dong kalau besok, tanggal 9 Maret 2016 akan ada fenomena alam yang katanya hanya terjadi 33 tahun sekali? Yaps! Gerhana matahari total (GMT). Nah..sebenarnya Speakers tahu gak sih gerhana matahari total itu apa? Kali ini King ingin membahas masalah gerhana matahari total ini lho…

Bayangan Bulan Menutup Matahari

Gerhana matahari total adalah suatu fenomena pada saat bayangan bulan menutup matahari yang mulai terbit. Fenomena yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 ini akan terjadi di Indonesia saja dan di lautan pasifik. Di Indonesia sendiri, fenomena gerhana matahari Total ini akan terjadi di 11 provinsi di Indonesia dan selebihnya hanya akan merasakan gerhana matahari sebagian saja.

Bagi Speakers yang penasaran dengan fenomena ini juga dapat menyaksikan melalui televisi, karena beberapa stasiun  tv swasta akan menayangkan fenomena ini secara langsung. Dan bagi Speakers yang tinggal di beberapa provinsi seperti Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari total ini secara langsung yang pada tahun ini hanya melalui beberapa daerah di Indonesia.

Pada saat matahari mulai terbit pada sekitar pukul 07.00 pagi, cahaya bulan akan tepat menutup matahari sehingga suasana pun akan terasa seperti senja. Fenomena ini pun akhirnya menjadi daya tarik sendiri bagi para turis maupun ilmuwan untuk datang sambil menikmati pariwisata di 11 provinsi tersebut.

Gerhana Matahari Akan Membutakan Mata?

Gerhana matahari yang pertama kali di Indonesia terjadi pada Juni 1983. Pada masa orde baru ini, masyarakat Indonesia dilarang melihat gerhana matahari total disebabkan dengan alasan akan membutakan mata bagi siapapun yang melihatnya. Tapi, sebenarnya benar gak sih Speakers?

Sebenarnya ternyata rumor ini tidak sepenuhnya benar loh Speakers! Gerhana matahari tidak dapat membutakan mata bagi yang melihatnya. Namun, secara ilmiah, kita hanya perlu hati-hati dalam melihat fenomena alam yang katanya hanya terjadi 300 tahun sekali dalam 1 (satu) daerah. Ketika gerhana matahari sebagian terjadi, maka bumi akan mulai terasa silau. Dan jangan sekali-kali memaksa untuk melihat matahari ini secara langsung ya Speakers! Karena kerusakan pada mata akan terjadi.

Nah…ketika gerhana matahari total terjadi, tingkat kesilauan mata akan semakin berkurang, dan Speakers dapat menikmati fenomena alam ini bahkan dengan mata telanjang sekalipun.

Gerhana Matahari dan Beberapa Legenda Tentangnya

Pernah dengar gak sih Speakers dengan mitos kalau gerhana matahari total terjadi karena ada raksasa yang hendak memakan matahari? Percaya gak percaya, mitos ini hidup loh di kalangan masyarakat nenek moyang kita dulu. Oleh karena itu, nenek moyang kita dulu harus memukul lesung agar katanya raksasanya pergi. Nah…Speakers yang katanya pada kekinian banget masih percaya gak sih dengan mitos seperti ini?

Budaya Indonesia memang tidak bisa jauh dari legenda dan mitos ya Speakers. Tapi, ya itulah yang membuat negara kita ini semakin berwarna. Percaya atau tidak dengan mitos itu tapi, yuk kita saksikan fenomena alam yang akan terjadi besok, pada tanggal 9 maret ini dan berdoa bersama agar cuaca buruk tidak akan menghalangi bagi Speakers yang penasaran dengan wujud gerhana matahari ini.

 

Penulis: Angga Karona


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori