Artikel Populer

Fenomena telolet: Dari iseng jadi trending topik dunia

Fenomena telolet: Dari iseng jadi trending topik dunia

Om telolet om, om telolet om!, kalimat seruan tersebut tentunya tidak asing di sebagian pembaca tulisan ini. Karena pada saat ini, kalimat tersebut sedang menjadi buah bibir yang ramai dibicarakan oleh para netizen. Saat pembaca mendengar kata telolet, pastinya dalam benak Speakers tergambarkan sebuah bus yang sering ditemui di jalan raya. Karena telolet sendiri merupakan sebuah bunyi yang identik dengan klakson bus yang ada di Indonesia. Sedangkan kata om merupakan panggilan kepada sopir bus-nya.

Fenomena ini menjadi populer setelah seorang netizen media sosial mengupload video yang menunjukan sekelompok anak-anak sedang berada di bahu jalan sambil membawa tulisan Om telolet om!. Anak tersebut berasal dari daerah Jepara, mereka sepulang sekolah langsung berbondong-bondong pergi ke pinggir jalan yang banyak ditemui bus berlalu-lalang. Pada saat bus menghampiri, mereka langsung mengangkat tulisan Om telolet om! yang berada di tangannya sambil berteriak dengan keras supaya supir bus menyalakan bunyi klakson telolet tersebut. Pada saat klakson telolet berbunyi secara serentak sekelompok anak tersebut mengekspresikan kegembiraannya bersama-sama.

Berawal dari keisengan anak-anak tersebut, kini fenomena Om telolet om! menjadi viral dibicarakan. Bahkan banyak kalangan yang membuat video serupa lalu mereka menguploadnya ke media sosial. Seperti sebuah virus, demam Om telolet om! tersebut bukan hanya dikalangan masyarakat indonesia, namun menjalar ke masyarakat luar negeri seperti Amerika Serikat dan juga Jepang. Mereka melakukan aktivitas yang sama, yaitu membuat video Om telolet om! layaknya di Indonesia.

Banyaknya netizen yang membicarakan fenomena ini, membuat publik figur internasional ikut tertarik untuk mengetahuinya. Seperti contoh DJ Snake, Martin Garrix, Zedd, Marsh Mello, dan The Chain Smokers. Pada masing-masing akun twitter miliknya, mereka membuat status yang bertanya apa itu Om telolet om!, sehingga fenomena ini di media sosial menjadi trending topik dunia. Bahkan penyanyi Dawin Polanco yang populer akibat lagunya yang berjudul Dessert, Berencana untuk membuat lagu baru dengan judul Om telolet om!.

Disamping fenomenalnya Om telolet om! ini, terdapat sudut pandang yang berbeda dari sebagian pihak. Seperti pendapat dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, beliau beranggapan fenomena ini beresiko menimbulkan kecelakaan. Karena terlalu banyak kalangan terutama anak dibawah umur yang bergerombol di kiri dan kanan memadati jalan raya, bahkan ada pula pemburu telolet yang memberhentikan bus di tengah perjalanan hanya untuk berfoto di depan bus tersebut. Tentunya hal tersebut sangatlah membahayakan dan berpotensi memicu terjadinya kecelakaan, menanggapi hal tersebut Menhub akan mengambil langkah untuk mencegah terjadinya, hal-hal yang tidak diinginkan. Di sebagian daerah pihak kepolisian sudah mengambil tindakan, seperti contoh di wilayah Jawa Tengah tepatnya daerah Jepara, pihak kepolisian di daerah tersebut telah mengambil tindakan dengan cara menertibkan bus yang memakai klakson telolet. Hal ini dilakukan supaya terciptanya keamanan lalu lintas di jalan raya.

Dari fenomena ini dapat ditarik kesimpulan bahwa yang menjadi viral di masyarakat luas, pasti terdapat hal positif dan negatifnya yang dapat diambil. Selain dari itu, akan terdapat pula pro dan kontra dari setiap kalangan, karena mengingat perbedaannya pendapat dari kacamata masing-masing pihak. Tidak lupa ada baiknya Speakers sebagai orang yang hidup di perkembangan zaman yang amat pesat, mestinya memiliki pola pikir yang lebih mengutamakan keselamatan diri sendiri, disamping mengikuti trend terkini.


Penulis: Komarudin
Editor: Galih Nugros


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori