Artikel Populer

Expired date & best-before: sama apa beda sih?

Expired date & best-before: sama apa beda sih?

Siapa yang suka beli makanan ringan di supermarket? Speakers biasanya beli produk apa aja? Snack, mie, biskuit, roti, makanan beku, olahan susu, keju atau yang lainnya? 

Ketika Speakers beli produk-produk makanan itu suka perhatikan gak ada tulisan apa di bungkusannya? Biasanya sih dalam bungkus produk-produk yang King sebutkan tadi dicantumin tulisan ingredients-nya. Terus juga nutrition information-nya, merek perusahaan tempat ngebuatnya, berat bersih produknya, label BPOM-nya, dan yang paling penting tapi sering kita abaikan adalah tanggal kedaluwarsanya. Biasanya dalam kemasan makanan ringan kita ngeliat tulisan best before atau expired date/use by. Masih banyak konsumen yang menganggap keduanya sama, yaitu sama-sama tanggal kedaluwarsa. Padahal keduanya itu beda loh Speakers. Dan oleh karena itu, kali ini King akan memberi tahu ke Speakers semua apa beda dua tulisan tersebut.

Saat makanan atau minuman berada dalam proses pengemasan, terdapat dua hal yang menentukan kapan baiknya produk-produk tersebut dikonsumsi, yaitu shelf-life (kualitas) dan expired date (keamanan). Dalam istilah food engineering, shelf-life berhubungan dengan jangka waktu makanan atau minuman dapat disimpan sebelum tidak layak dikonsumsi. Sedangkan untuk expired date berhubungan dengan keamanan produk. Sementara itu, mengutip dari Betterhealth, yang dimaksud dengan best before adalah tanggal yang dicantumkan dalam kemasan makanan atau minuman yang gunanya untuk membatasi keamanan produk tersebut. Mirip yaaa, atau Speakers masih pada bingung? Oke King jelasin dengan bahasa yang lebih mudah lagi deh.

Jadi singkatnya, kalau Speakers makan atau minum suatu produk yang udah lewat masa best before-nya sebenarnya gak masalah. Asal lihat baik-baik kondisi fisik produknya, udah jamuran atau dari aromanya. Kalau belum sebenarnya masih bisa kita konsumsi. King, kenapa kok masih bisa dikonsumsi? Karena produk yang telah lewat masa best before-nya hanya mengalami penurunan kualitas aja, tapi belum tentu membahayakan kesehatan kita. Apalagi kalau Speakers nyimpen makanannya sesuai petunjuk yang tertera, misalnya di kulkas. Sedangkan yang tidak boleh kita konsumsi itu makanan dan minuman yang udah lewat masa expired date-nya. Jika kita mengkonsumsi makanan tersebut akan menyebabkan risiko kesehatan secara langsung pada tubuh. Misalnya produk daging atau keju.

Begitu Speakers penjelasannya, udah pada ngerti kan? King harap setelah membaca artikel ini jangan sampai salah mengartikan lagi tulisan best-before dengan expired date yaa! Selalu ingat untuk cek tanggal kedaluwarsa suatu produk sebelum membeli. Jadilah konsumen yang cerdas. Sampai jumpa lain waktu Speakers. Baca artikel lain juga ya.


Penulis: Kintan Lestari
Editor: Inggi R Amartya


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori