Artikel Populer

Buat para calon jurnalis, ini tips ringan untuk laporan lapangan jadi maksimal

Buat para calon jurnalis, ini tips ringan untuk laporan lapangan jadi maksimal

Kemampuan public speaking tidak hanya diperlukan untuk pidato atau membawakan sebuah acara. Masih banyak pekerjaan lain yang sangat bergantung dengan kemampuan public speaking. Kali ini King akan membahas tips public speaking bagi kalian calon reporter televisi nih, Speakers! Seorang reporter televisi seringkali diminta untuk melaporkan berita langsung dari lapangan, di depan kamera untuk disiarkan secara luas. Tentunya ini bukanlah hal mudah lho. Berikut tiga tips ringan yang bisa dilakukan untuk membuat laporan kamu di lapangan menjadi lebih lancar:

1. Kuasai materi

Sebelum on air, pastikan kamu benar-benar menguasai berita yang akan disampaikan. Perhatikan bahkan hal-hal kecil yang mungkin terkait dengan berita tersebut. Hal ini akan membuat kepercayaan diri meningkat karena kamu sudah merasa siap untuk melaporkan keadaan di lapangan.

2. Gunakan kalimat sederhana

Supaya laporan berita kamu mudah dimengerti, gunakanlah bahasa sederhana. Hal ini penting supaya pemirsa tidak bingung dengan berita yang kalian laporkan. Kalimat sederhana juga bisa membantu untuk terhindar dari kesalahpahaman maksud berita.

3. Bahasa tubuh yang rileks dan wajar

Hal ini berkaitan dengan poin satu. Jika sudah menguasai materi, maka bahasa tubuh bisa menyesuaikan dengan materi berita yang akan dilaporkan. Jangan terlalu serius untuk materi ringan, dan juga sebaliknya. Rileks menjadi kunci untuk memperlihatkan bahasa tubuh yang baik di depan kamera.

Ketiga tips di atas merupakan beberapa hal yang bisa membuat public speaking kamu di depan kamera menjadi lebih baik. Tentunya tips tersebut tidak akan bisa membantu tanpa banyak dilatih secara langsung. Semoga bermanfaat!

 

Penulis:  Sifa Maulida


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori