Artikel Populer

Bosan pakai Windows? coba 7 sistem operasi Linux berikut ini

Bosan pakai Windows? coba 7 sistem operasi Linux berikut ini

Windowsmerupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuksaat ini. Mulai dari Windows XP hingga yang terbaru yaitu Windows 10. Mungkindiantara kalian sudah ada yang bosan menggunakan sistem operasi Windows dan inginmenggantinya dengan sistem operasi lain. Mungkin Speakers perlu menggantinyadengan sistem operasi linux. Linux ini opensouce alias gratis dan dapat dimodifikasi sesuai keingian kalian. Sepertihalnya Windows yang memiliki banyak versi, begitu juga dengan Linux. Berikutsistem operasi Linux yang cocok untuk mengganti Windows kalian.

1. Slackware

Slackware merupakan sistem operasiyang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakanLinux tertua yang masih dikelola. Slackware memiliki stabilitas dan kemudahandalam sisi desain, serta memiliki kemiripan dengan Unix. Versi terakhirnyaadalah 14.2 pada tanggal 30 Juni 2016. Website resminyawww.slackware.com.

2. Fedora

Fedora merupakan Linux yangberbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project dan disponsori olehRed Hat. Fedora sendiri merupakan merk dagang dari Red Hat. Fedora dikenalsebagai Linux yang sering menggunakan teknolgi terbaru. Versi terakhirnyaadalah 22 pada tanggal 26 Mei 2016. Website resminya www.fedoraproject.org.

3. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satuLinux yang berbasiskan Debian. Ubuntu merupakan salah satu Linux yang palinbanyak digunakan sekarang. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap yang tersediabebas dan mempunyai dukungan yang baik dari komunitas ataupun tenaga ahliprofesional. Versi terakhirnya 16.10 pada tanggal 13 Oktober 2016. Websiteresminya www.ubuntu.com.

4. Ubuntu Mate

Ubuntu Mate memang merupakanbagian dari sistem operasi Ubuntu. Akan tetapi penambahan kata Mate membuat mereka sedikit berbeda.Ubuntu Mate sering digunakan sebagai sistem operasi bawaan untuk Desktop. Akantetapi kamu bisa membuatnya untuk laptop. Versi terakhirnya 16.10 pada tanggal13 Oktober 2016. Website resminya www.ubuntu-mate.org.

5. Chrome OS

Chrome OS merupakan sistemoperasi yang dirancang oleh Google untuk bekerja dengan aplikasi web. Sistemoperasi ini dikhususkan untuk mereka yang menghabiskan waktunyadi internet. Chome OS merupakan sistem operasi dimana aplikasi dan datapenggunakan berbentuk cloud. Versiterakhirnya 0.18.16610.143.0 pada tanggal 1 Mei 2012. Website resminya www.getchrome.eu.

6.Linux Mint

Linux Mint merupakan sistemoperasi dengan basis Debian dan Ubuntu. Aplikasi pada ubuntu dapat jugadijalankan pada Linux Mint. Akan tetapi Linux Mint memiliki tampilan berbeda.Tampilan yang fresh dengan ikon yangbagus, membuat Linux Mint nyaman untuk digunakan. Versi terakhirnya 17.3 padatanggal 4 Desember 2015. Website resminya www.linuxmint.com.

7. openSUSE

openSUSE merupakan sistemoperasi yang dikembangkan secara independen dengan dukungan komunitas. openSUSEbanyak digunakan oleh kalangan pribadi ataupun bisnis. Tampilan yang bagus dandukungan yang luas membuat openSUSE cocok untuk kamu. Versi terakhirnya 13.2 padatanggal 4 November 2014. Website resminya www.opensuse.org.

Ada banyak pilihan bagi Speakers yang bosan dengan sistemoperasi Windows. Dengan menggunakan sistem operasi Linux, kamu dapat membawalaptop kamu kelilling dunia tanpa mengkhawatirkan lisensinya. Yuk, gak ada salahnya sesekali gunakan Linux!

Penulis: Andriannus Parasian

Editor: Galih Nugros


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori