Artikel Populer

Belajar public speaking dari seorang komedian

Belajar public speaking dari seorang komedian

Komedian merupakan profesi yang membutuhkan keahlian public speaking. Mereka mengeluarkan candaan-candaan pada penonton tanpa henti. Mereka harus berbicara tanpa jeda. Bagaimana mereka dapat terus mengambil fokus penonton selama pertunjukkan berlangsung. Yuk kita cari tahu rahasia public speaking mereka, Speakers! Ini dia 5 hal yang mereka lakukan saat dalam pertunjukkan.

1. Cerita-cerita yang rendah hati

Saat menghadiri acara seminar dan semacamnya, biasanya orang-orang yang menjadi speakers-nya berada di level yang lebih tinggi dibanding penontonnya. Hal tersebut mendatangkan rasa iri hati. Oleh karena itu, komedian biasanya memposisikan diri mereka sebagai seorang manusia biasa, seperti audience-nya. Menceritakan kisah-kisah yang sarat dengan rasa rendah hati bahkan sampai kisah yang memalukan, membuat penonton merasa bahwa mereka sejajar dengan komedian yang berada di atas panggung.

2. Isyarat tangan

Ada yang pernah mengatakan bahwa dalam berkomunikasi, perkataan hanya mengambil tempat sebanyak 5% saja.  Sisanya adalah nada suara, gerak tubuh, dan gestur wajah. Komedian menerapkan semua itu dalam acara mereka. Mereka melebihkan bahkan berlebihan menggunakan nada suara, gerak tubuh, dan gestur wajah mereka agar orang yang berada di barisan belakang acara mereka dapat melihat dan tetap mengerti apa yang dimaksudkan. 

3. Laugh-Cry-Laugh

Hidup itu seperti gelombang. Kadang kita tertawa, kadang kita menangis. Komedian menerapkan hal ini untuk membangun ikatan dengan penonton. Penonton diajak tertawa saat para komedian mengeluarkan candaan mereka, dan diajak tenang sebelum mengeluarkan candaan selanjutnya. Sebagai public speaker, pastinya kalian ingin mempunyai ikatan dengan penonton, sehingga mereka lebih terbuka pada kamu Speakers.

4. Tidak berdiri di podium

Biasanya para public speaker dalam menyampaikan pembahasan mereka pada audience berdiri di podium. Tetapi apakah pernah seorang komedian menggunakan podium saat menyampaikan leluconnya? Gak pernah kan, Speakers lihat ada komedian yang begitu. Bagi para komedian, podium menjadi penghalang karena justru menyembunyikan kegelisahan didalamnya.

5. Tidak membawa catatan

Master of Ceremony atau pembicara mungkin membawa cue card atau catatan kecil ketika sedang berada di atas panggung. Komedian tidak pernah membawa catatan. A great speech is a prepared speech. Komedian selalu berlatih terus menerus dan menggunakan teknik lain, selain membawa catatan untuk mengingatkan mereka apa yang harus dilakukan selanjutnya. Perlu diingat jika public speakers memutus kontak mata dengan audience, maka audience juga akan memutus kontak mata dengan public speakers.

Nah itu dia 5 hal yang bisa kita pelajari dari komedian supaya public speaking kita jadi lebih baik lagi. Gak susah kan, Speakers? Ternyata dibalik pekerjaannya yang menghibur orang dengan candaan mereka, terdapat pelajaran yang dapat kita ambil lho.

 

Penulis: Kintan Lestari/Americanexpress.com


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori