Artikel Populer

Asah kemampuan public speaking-mu melalui 3 jenis UKM ini

Asah kemampuan public speaking-mu melalui 3 jenis UKM ini

Keterampilan berbicara di depan umum atau yang dikenal sebagai public speaking adalah keterampilan di mana seseorang mampu berbicara atau menyampaikan materi di depan umum, baik di dalam ruangan atau di ruang terbuka. Keterampilan ini sangat penting untuk dimiliki oleh siapapun sebagai salah satu cara untuk menunjukkan kualitas diri. 

Nah, untuk Speakers yang berstatus sebagai mahasiswa, keterampilan public speaking juga sangat berguna sebagai bekal untuk bersaing di dunia kerja nantinya, sebab sangat mugkin jika kamu akan berhadapan dengan banyak orang baru atau bahkan presentasi di depan klien. Maka dari itu, sudah saatnya kamu mengasah keterampilan public speaking! Banyak cara yang dapat Speakers lakukan di kampus untuk mengasah keterampilan penting tersebut, salah satunya adalah dengan mengikuti jenis-jenis UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) berikut ini:

1. UKM debat
Speakers akan mempelajari banyak hal di UKM jenis ini, seperti berpikir kritis, cepat, tepat, dan berlatih berbicara di depan umum. Para debaters akan selalu berbicara secara langsung di depan lawan bicaranya, belum lagi jika dihadapi dengan banyak audience. Nah, bagi kamu yang ingin berlatih public speaking sekaligus mengasah kemampuan berpikir yang cepat dan kritis, UKM ini cocok untuk kamu!

2. UKM teater
Untuk Speakers yang suka acting dan menghibur orang lain, kamu bisa bergabung di UKM teater. Selain kemampuan ber-acting, keterampilan berbicara di depan umum pun akan terasah, karena saat tampil kamu pasti akan dihadapkan di khalayak ramai. 

3. UKM MUN (Model United Nations)
Model United Nations adalah peragaan simulasi konferensi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), di mana kamu akan berdiskusi tentang isu-isu yang terjadi di dunia. Di dalamnya kamu akan berperan menjadi delegasi suatu negara. Jadi, sudah pasti keterampilan public speaking-mu akan terasah, sebab kamu akan berhadapan dengan banyak orang dan diharuskan untuk mengutarakan pendapatmu tentang suatu isu yang dibahas.

Jadi, jika di kampusmu ada jenis-jenis UKM di atas jangan disia-siakan ya, Speakers! Karena selain mengasah kemampuan public speaking, melalui UKM kamu juga bisa melatih leadership dan menambah relasi sehingga pertemananmu pun akan semakin luas. So, tunggu apalagi? Ikuti UKM di atas dan latih kemampuan public speaking-mu agar semakin keren!


Penulis: Sulistianing Ambarwati
Editor: Nurmarliana Rahayu


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori