Artikel Populer

Antisipasi MC di atas panggung yang suka bikin keliru

Antisipasi MC di atas panggung yang suka bikin keliru

Master of ceremony, atau biasa yang dikenal dengan MC, sering kamu jumpai diberbagai kegiatan ketika kamu duduk di bangku sekolah menengah pertama atau bahkan sejak sekolah dasar saat menghadiri pesta ulang tahun teman. Sebenarnya mudah nggak sih jadi MC? Nggak sulit kok, Speakers, selama kamu mau belajar. Di zaman yang serba teknologi ini kamu bisa memanfaatkannya dengan belajar MC secara otodidak. Kamu bisa menonton kiat-kiat MC pada laman Youtube apalagi belajar dari tips-tips di speakingmagz.com. Semudah itukah? Namun, karena belajar nge-MC itu menjadi mudah, tak jarang kita melihat kesalahan-kesalahan pelaku public speaking itu secara terus menerus. Well, hal itulah yang harusnya dibenahi.  King, punya beberapa antisipasinya, nih. Cekidot!

1. Demam panggung atau nervous

Nervous memang hal mendasar yang kamu rasakan ketika melakukan sesuatu kegiatan yang baru pertama kali kamu lakukan di hidupmu. Terkadang, dari nervous-lah kamu akan menghasilkan kesalahan-kesalahan lainnya. Oh no! Hal itu nggak boleh terjadi. Kamu bisa mengantisipasinya dengan mencari tahu dan mempelajari acara yang akan kamu bawakan. Apakah acara tersebut formal atau tidak? Apa materi yang akan kamu gali dari acara tersebut? Tentu kamu harus tahu banyak mengenai acara kamu dan beberapa materi umum yang berkaita dengan acara tersebut. Hal itu harus kamu lakukan agar kamu ngga kehabisan kata-kata di atas panggung sana, Speakers.

2. Bergerak berlebihan yang nggak perlu

Sebelumnya, King, sudah mengatakan bahwa berasal dari nervous-lah kesalahan-kesalahan lainnya akan lahir. Anak pertama yang lahir dari nervous ialah salah gerak yang ngga perlu. Bisa saja kamu bertingkah sok asik padahal acara yang sedang kamu bawakan formal, atau bahkan kamu bersikap kaku padahal kamu sedang membawakan acara non-formal. Hal tersebut sebenarnya wajar saja jika kamu baru satu atau dua kali membawakan acara. Namun, jika kamu sudah sampai tiga bahkan puluhan kali membawakan sebuah acara, tentu hal ini tidaklah lazim, Speakers. Sebelum mulai membawakan acara, cobalah kamu berusaha dengan keras memposisikan diri kamu nantinya di atas panggung. Kamu sudah tahu acara jenis apa yang akan kamu bawakan dengan materi-materinya tentu kamu akan tahu bagaimana mengkondisikan tubuh kamu sendiri. Jika kamu MC berdua dengan partner kamu, ada baiknya kamu mendiskusikan terlebih dahulu dengan partner kamu tentang pembagian gestur tubuh dengan kata-kata agar kalian terlihat kompak.

3. Salah menyebut acara atau gelar pengisi acara

Kesalahan lainnya ialah salah menyebutkan acara selanjutnya atau bahkan gelar dari narasumber atau pengisi acara. Jika kamu sedang membawakan acara resmi, kesalahan ini bisa sangat fatal, lho! Walaupun demikian, kamu juga ngga boleh melakukan kesalahan seperti itu di acara tidak resmi. Antisipasinya hanya satu, konsentrasi. Kamu wajib melupakan segala masalah kamu ketika kamu sedang bekerja, apalagi membawakan sebuah acara. King, kasih tahu ya, agar konsentrasimu dapat terjaga, kamu harus banyak minum air mineral, Speakers.

Itulah beberapa tips yang, King, bagi untuk kamu, Speakers. Jangan melakukan kesalahan lagi yaaaa ketika belajar nge-MC!

 

Penulis: Dembondya


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori