Artikel Populer

9 barang wajib yang harus dibawa ketika naik gunung

9 barang wajib yang harus dibawa ketika naik gunung

Hai Speakers... sekarang banyak kan dari kalian yang klo liburan alternatifnya naik gunung. Abis itu foto-fotonya di-share deh di media sosial, iyaaa kan. Tapi jangan sampe yaa naik gunung cuma buat ikut-ikutan trend yang lagi ada. Soalnya banyak banget kan sekarang anak-anak muda yang naik gunung tapi peralatannya gak disiapin dengan baik. Dan hasilnya bukannya liat pemandangan indah, malah apes gara-gara kurang persiapan. Nah, maka dari itu kali ini kita akan kasih tips ke kalian tentang barang-barang yang wajib dibawa ketika naik gunung.

  • Pakaian yang nyaman

Pakaian pastilah harus di bawa, masa kalian mau telanjang pas naik gunung :p. Tapi perlu diinget ya, pakaian yang harus kalian bawa jangan cuma yang paling bagus karena mau dipake foto-foto. Pakaian yang harus kalian bawa yaa pakaian yang nyaman buat perjalanan kalian naik gunung. Ketika sedang melakukan perjalanan baiknya kalian menggunakan pakaian yang bahannya dapat menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Sedangkan ketika mau tidur, ganti pakaian kalian dengan pakaian yang dapat menahan panas. Soalnya udara pegunungan di malam hari pasti dingin banget.

Selain itu usahakan jangan mendaki gunung dengan memakai celana jens yaa. Gunakan celana yang longgar. Jika kalian mendaki gunung dengan memakai celana jeans, resiko terkena hiportemia dan cedera juga akan semakin besar. Oh iyaa , jangan lupa juga yaaa untuk membawa jaket, sarung tangan, topi kupluk dan kaus kaki.

  • Sleeping bag dan matras

Perlengkapan yang satu ini harus wajib kudu kalian bawa. Soalnya kalian di gunung mau tidur pake apa klo gak ada sleeping bag atau matras. Pake daun :p. Si sleeping bag ini akan memberikan rasa hangat dan nyaman ketika kalian tidur nanti. Begitu juga dengan matras. Perlengkapan yang satu ini bisa jadi alternatif seandainya kalian gak punya sleeping bag. Selain bisa untuk alas tidur, matras juga bisa berfungsi sebagai alas untuk duduk-duduk layaknya tikar.

  • Jas hujan dan lampu senter

Dua perlengkapan ini pasti sering banget dilupain sama kalian. Padahal dua benda ini merupakan barang wajib yang harus kamu bawa ketika naik gunung. Walaupun udah nonton berita tentang prakiraan cuaca sebelum berangkat, tapi kita gak pernah tau keadaan alam. Sewaktu-waktu dia bisa berubah. Nah, klo hujan-tiba-tiba terus yang kalian bawa cu payung, itu gak terlalu melindungi kalian. Soalnya kalian berada di atas loh dimana anginnya lebih kenceng. Klo pake payung doang kalian akan tetep aja kebasahan, dan bahkan payungnya kadang gak berguna karena anginnya terlalu kenceng. Si penerang ini juga harusnya gak boleh ketinggalan. Karena si kecil ini akan menerangi malam hari kalian dari kegelapan, eaaa.

  • Obat-obatan

Tetep inget kesehatan kalian yaaa ketika ingin bersenang-senang. Ketika naik gunung kalian harus bawa obat-obatan pribadi kalian. Jangan sampe gak dibawa. Soalnya begitutiba-tiba kalian sakit, di gunung kan gak ada dokter. Nah, obat-obatan kalianlah yang akan nyelamatin kalian pertama kali nantinya.

  • Peralatan makan minum

Perlengkapan yang satu ini juga jangan sampai kalian lupain. Klo gak ada ini kalian nanti mau makan pake apa? Pake daun. Tapi perlu diperhatiin juga berapa lama kalian akan mendaki gunung. Jangan Cuma naik gunung 1—2 hari terus bawa peralatan makan sampe kompor gas dan nesting. Soalnya jadi mubazir karena gak dipake saat naik gunung.

  • Trekking pole

Kalian harus bawa perlengkapan yang satu ini yaa. Soalnya trekking pole ini berfungsi untuk berbagi beban dengan kalian. Jadi beban yang kalian rasakan saat mendaki gunung kan bertumpu di kaki yaa. Dengan menggunakan trekking pole kalian bisa membagi beban bawaan ke lengan kalian.

  • Tenda

Walaupun kalian sudah bawa sleeping bag atau matras, tapi perlengkapan yang satu ini jangan dilupain loh. Soalnya tidur di dalam tenda akan lebih menjamin kita terlindungi dari bahaya hewan buas dan udara dingin.

  • Tas carrier

Percuma kalian udah bawa semua peralatan di atas tapi gak bawa ini. Mau di taro dimana barang-barangnya? Kalian masukin semua perlengkapan kalian kedalam sini, sehingga gak ada yang barang yang di jinjing di luar. Soalnya menenteng barang bawaan di luar itu bisa menyulitkan perjalanan. Oh iyaa pilih tas carriernya yang sudah satu paket sama cover plastiknya yaa biar klo tiba-tiba hujan barang bawaan kalian akan tetap kering.

  • Plastik dan barang perintilan lain

Kalian pasti juga sering lupa sama barang yang satu ini. Padahal plastik berguna banget loh. Bisa untuk tempat sampah ketika kalian di puncak gunung. Bisa juga untuk tempat pakaina kotor. Atau bisa juga untuk melindungi barang-barang kalian ketika hujan, klo kalian gak punya cover pelindung tas yang nyatu sama tasnya. Nah, barang-barang perintilan kaya peniti, benang, dan jarum juga perlu dibawa loh. Ketika tiba-tiba tas kalian jebol, kalian mau nahan pake apa klo gak ada barang perintilan itu.

Nah itu semua barang-barang yang harus wajib musti kudu harus kalian bawa ketika ingin naik gunung. Jadi pastiin dulu semua barang itu udah ada di tas, baru deh masukin barang-barang lain yang pengen kalian bawa, kaya tongsis, kacamata, kamera, dll


Penulis: Kintan Lestari


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori