Artikel Populer

6 kebiasaan yang tanpa sadar membuatmu buang waktu

6 kebiasaan yang tanpa sadar membuatmu buang waktu

Punya beragam aktivitas mungkin akan membuatmu harus mengatur waktu secerdas mungkin ya, Speakers. Yap, waktu memang sesuatu yang sangat berharga dan tidak bisa dikembalikan. Oleh karenanya, dalam penggunaan waktu pun kamu harus memikirkan aktivitas yang efisien agar tidak ada waktu yang terbuang percuma, alias jangan sampai kamu jadi ‘wasting time’.

Karena tanpa sadar pun, ada kebiasaan-kebiasaan yang sering  dilakukan ternyata malah mengakibatkan waktu terbuang begitu saja, dan akhirnya waktu produktifmu pun akan jadi berkurang. Misalnya saja kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

1.      Main handphone tanpa tujuan yang jelas

Jika tidak ada tujuan yang jelas saat memainkan handphone, lebih baik lakukan pekerjaan lain yang membuatmu jadi lebih produktif. Tentunya kamu gak mau, kan, waktumu sekitar 30 menit – 1 jam habis hanya untuk membuka Home -> Gallery -> Home -> Gallery? Kalau untuk digunakan mengerjakan hal lain pasti akan lebih berguna, Speakers.

2.      Mengeluh saat mendapatkan banyak pekerjaan

Dapat setumpuk tugas, itu berarti waktu yang kamu punya untuk mengerjakannya pun semakin sempit. Oleh karena itu, mengeluh terus-terusan saat mendapat banyak pekerjaan malah akan membuatmu wasting time. Dibandingkan untuk mengeluh, waktunya bisa digunakan untuk merencanakan pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

3.      Menunda alarm yang bunyi di pagi hari

Tujuanmu membuat alarm adalah sebagai pengingat waktu. Jadi, untuk apa ditunda lagi? Selain itu, kamu membuat alarm karena sebuah alasan. Jadi saat kamu ingin menunda alarm, selalu ingat bahwa alasanmu membuat alarm lebih penting daripada menundanya untuk lanjut tidur lagi di pagi hari.

4.      Menunda untuk mengerjakan sesuatu

“5 menit lagi deh..” atau “Tunggu 10 menit lagi baru mulai ngerjain ah..” Kemungkinan besar menunda pekerjaan seperti itu tidak akan berpengaruh apa-apa. Justru kamu malah lebih boros waktu. Padahal,bukankah jika dikerjakan secepatnya maka pekerjaan jadi lebih cepat selesai? So, just do it!

5.      Terlalu sering scrolling social media

Browsing di internet ataupun scrolling social media di zaman sekarang memang dapat dikatakan perlu supaya kamu tetap up-to-date. Namun, bukan berarti kamu harus scrolling feeds social media setiap menit. Tenang, Speakers, gak scrolling socmed selama 10 menit gak bikin kamu jadi orang yang paling ketinggalan informasi, kok.

6.      Bergosip

Dibanding untuk bergosip dan mencaritahu keburukan orang lain, lebih baik waktunya digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat. Bergosip hanya akan merugikan orang lain, dan belum  tentu semua berita beredar merupakan berita yang benar. Memaksimalkan waktu demi dirimu sendiri jauh lebih baik daripada mengurusi urusan orang lain.

Meskipun terasa seperti hal yang biasa saja, namun kebiasan-kebiasaan di atas dapat membuatmu jadi buang-buang waktu, Speakers. Yuk mulai hindari kebiasaan tersebut, dan gunakan waktu sebaik mungkin untuk produktivitasmu!

 


Penulis: Nurmarliana R


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori