Artikel Populer

5 kebiasaan menjelang tidur yang ternyata tidak baik

5 kebiasaan menjelang tidur yang ternyata tidak baik

Pergi tidur merupakan kegiatan untuk mengembalikan stamina yang sudah terpakai selama beraktivitas seharian penuh. Sehingga banyak orang yang menginginkan tidur yang berkualitas agar keesokan harinya bangun dengan semangat untuk menjalani aktivitas kembali. Tetapi nyatanya kegiatan tidur seseorang dapat terganggu sehingga tidur yang berkualitas tidak didapat. Penyebabnya mungkin karena kalian melakukan salah satu kebiasaan ini menjelang tidur tanpa kamu sadari. Apa aja sih, yuk kita bahas satu-satu.

1. Menonton televisi

Saat ini sudah banyak orang yang meletakkan televisi di kamar tidur mereka. Mungkin terlihat sepele memang, tapi kenyataannya meletakkan tivi di kamar akan memicu kebiasaan untuk menonton terlebih dahulu sebelum tidur. Kegiatan tersebut justru akan menyebabkan rasa kantuk yang kita rasakan malah hilang akibat paparan sinar dari tivi. Dan akibatnya jam tidur kita akan semakin berkurang sehingga keesokannya kita bangun dengan lemas. Ada baiknya, jika tidak bisa menghentikan kebiasaan menonton televisi sebelum tidur, pilih-pilihlah acara yang akan ditonton. Baiknya pilih acara dengan tema yang ringan.

2. Tidur dengan lampu menyala

Kebiasaan yang satu ini juga sering dianggap sepele. Masih banyak orang yang tidak mematikan lampu kamarnya ketika hendak pergi tidur. Padahal kebiasaan tersebut malah akan menghilangkan kegiatan tidur yang berkualitas. Penyebabnya karena tidur dengan lampu menyala membuat seseorang semakin lama untuk terlelap. Untuk yang tidak bisa tidur di temapt gelap, ada baiknya ganti lampu kamar kalian dengan yang warnanya lebih redup. Warna yang remang-remang akan membantu kita untuk tidur lebih cepat.

3. Makan sebelum tidur

Hati-hati kalau kamu punya kebiasaan yang satu ini Speakers. Banyak yang bilang klo kita sudah merasa kenyang maka tidur kita akan lebih nyenyak nantinya. Tapi kebiasaan ini nyatanya mempunyai efek jangka panjang yang membahayakan loh. Soalnya kalian justru akan menambah beban bagi tubuh untuk bekerja di malam hari saat kalian sedang terbaring tidur. Ditambah lagi kebiasaan ini juga akan memperbesar kalian terkena resiko penyakit obesitas jangka panjang. Jadi walaupun kalian merasa cepat terlelap setelah makan sebelum tidur, kalian juga mempercepat datangnya penyakit untuk masuk ke dalam tubuh kalian.

4. Minum banyak air

Kebiasaan satu ini sebenarnya merupakan kebiasaan yang sehat. Tapi kalau kamu ingin pergi tidur ada baiknya jangan minum air secara berlebihan. Karena akan berakibat di saat kita sudah ingin terlelap tiba-tiba kita merasa ingin ke kamar mandi. Akibatnya rasa kantuk tadi malah akan menghilang. Ditambah lagi kita akan jadi sering terbangun karena ingin ke kamar mandi. Sehingga waktu tidur pun jadi berkurang.

5. Mencuci wajah dengan air dingin

Kebiasaan satu ini emang biasa kita lakuin, apalagi buat perempuan. Setelah seharian beraktivitas dengan menggunakan make-up yang bercampur juga dengan polusi di luar rumah, kegiatan ini tentu saja jadi hal yang wajib dilakukan. Tapi ada baiknya jika ingin mencuci muka sebelum pergi tidur gunakanlah air hangat saja. Sebab mencuci wajah dengan air dingin justru akan merangsang tubuh untuk emelpas energi yang menyebabkan otak kita jadi terjaga. Akibatnya jam tidur kita akan mundur dari yang seharusnya.

​Nah, itu tadi beberapa kebiasaan sebelum tidur yang tidak bagus untuk kita. Dan pastinya salah satu dari kebiasaan itu tanpa sadar kita lakuin. Jadi, mulai sekarang kita ubah pelan-pelan kebiasaan-kebiasaan diatas yan tanpa sara kita lakukan. Nanti pasti kalian akan dapat tidur yang berkualitas sehingga besoknya akan lebih semangat melakukan aktivitas kembali.

 

Penulis: Kintan Lestari


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori