Artikel Populer

5 film dengan latar belakang jurnalistik

5 film dengan latar belakang jurnalistik

Kehidupan jurnalis memang tidak pernah lepas dari mencari dan berburu berita. Tentunya proses pencarian berita tersebut tidak selalu mudah. Banyak masalah dan intrik yang dihadapi para jurnalis dalam mencari berita. Rupanya, beberapa rumah produksi tertarik untuk membuat film dengan latar belakang jurnalistik tersebut. Speakers tertarik menontonnya? Yuk, simak sinopsis singkat 5 film tentang jurnalis berikut!

1. Nothing but the Truth

img-1485250512.jpg

Film ini jelas terinspirasi dari kasus Judith Miller, seorang reporter harian New York Times yang menolak untuk menyebutkan sumber pemberitaannya mengenai keterlibatan agen CIA dalam skandal pemerintah hingga akhirnya ia dipenjara pada bulan Juli 2005. Walaupun mengakui hal tersebut, sang sutradara, Rod Lurie, menyebutkan bahwa film ini murni fiksi karena ia menyajikan detail yang berbeda walau dengan inti masalah yang sama.

Film ini mengisahkan Rachel Amstrong (Kate Beckinsale), seorang wartawan Capital-Sun Times yang secara tidak sengaja mendapatkan informasi mengenai skandal pemerintahan dan keterlibatan seorang agen CIA didalamnya. Secara kebetulan, agen CIA tersebut adalah seorang ibu dari anak yang bersekolah di tempat yang sama dengan anaknya. Tidak dipungkiri lagi, artikel pemberitaan yang ditulis oleh Rachel tersebut mendapat perhatian besar-besaran dan ditempatkan pada halaman depan harian tersebut secara penuh. Walau Rachel sempat ragu untuk mempublikasikannya, kepala editor harian tersebut meyakinkan dan menjamin keselamatannya. Berita yang menjadi perbincangan nasional tersebut akhirnya menemui akhirnya. Rachel dipanggil oleh kejaksaan agung (Federal Prosecutor) karena orang yang menyebarkan rahasia negara tersebut dianggap sebagai ancaman bagi keamanan negara. Meskipun begitu, Rachel tetap bersikeras untuk tidak menyebutkan sumbernya. Wah, apa yang akhirnya Rachel pilih? Keamanan negara atau kerahasiaan sumbernya?

2. Spotlight

Sama halnya dengan film sebelumnya, Spotlight ini juga berdasarkan kisah nyata. Spotlight, sebuah tim di harian The Boston Globe yang telah menguak banyak kasus berkat jurnalisme investigasinya, dihadapkan oleh penemuan sebuah kasus tersebesar dan terlama di Boston yang belum terkuak: “kekerasan seksual anak-anak oleh beberapa pendeta di daerah Boston”. Akankah tim Spotlight tersebut berhasil menguaknya? Yuk, segera tonton film yang memenangkan banyak penghargaan dan menjadi Box Office ini! FYI, film yang diperankan oleh Mark Ruffalo, Michael Keaton, Rachel McAdams, dan Liev Schreiber ini juga memenangkan Oscar loh!

3. Beauty and the briefcase

img-1485250579.jpg

Film Beauty and the briefcase ini lebih ringan dan menghibur dibanding dua film sebelumnya. Film yang mengusung tema komedi-romantis ini menceritakan impian Lane Daniels (Hillary Duff), seorang penulis lepas yang tulisannya hanya dimuat di majalah-majalah yang jarang dikenal, untuk menjadi seorang jurnalis fesyen terkenal dan bergabung di majalah fesyen bergengsi, Cosmopolitan. Beruntungnya, sahabat Lane, Joanne, adalah seorang fotografer fashion yang mengenal chief editor majalah Cosmpolitan dan Joanne pun mengenalkan Lane kepada editor tersebut. Namun, untuk dapat menjadi seorang penulis Cosmopolitan, Lane harus menuntaskan tulisan perdananya mengenai ‘a man in suit (pria yang memakai jas)’ yang ia ajukan kepada editor tersebut. Untuk totalitasnya mengenal ‘a man in suit’, Lane akhirnya menyamar dan bekerja di sebuah perusahan keuangan multi-nasional. Di perusahaan inilah, Lane terjebak oleh beberapa kisah cinta dengan ‘man in suit’ dan 10 prinsip dasarnya mengenai cinta sejati. Pada film ini sangat menghibur loh, Speakers! Kamu juga akan menyadari bahwa terkadang kita mencari kebahagiaan terlalu jauh hingga tidak sadar bahwa terkadang ia ada di dekat kita, seperti kisah Lane yang pada akhirnya berhasil menjadi seorang jurnalis Cosmopolitan ketika ia menemukan kebahagiaannya sendiri.

4. Nightcrawler

Dalam proses pencarian berita, ekslusifitas berita tentu menjadi nilai yang sangat tinggi. Akan sangat membanggakan bagi jurnalis yang dapat menemukan eksklusifitas berita tersebut. Nah, film ini juga menceritakan tentang nilai eksklusif bagi sebuah berita. Film yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal sebagai Louis Bloom, sang tokoh utama, bercerita tentang seorang pencuri yang mengubah nasibnya menjadi seorang penjual footage berita-berita kriminal dalam satu malam. Namun motivasi Louis menjadi seorang jurnalis kriminal ternyata membuka peluang bagi dirinya untuk menjadi seorang kriminal juga. Perjalanan Louis Bloom dalam meniti karir jurnalisnya yang membuatnya menjadi seorang megalomania ini sangat patut untuk ditonton loh Speakers. Film ini juga beberapa kali menjadi nominasi dalam berbagai acara penghargaan bergengsi yang membuatnya sayang untuk dilewatkan.

5. True story

img-1485250650.jpg

Michael Finkel (Jonah Hill), seorang reporter majalah New York Times Magazine yang sukses dan ambisius, pada akhirnya harus diberhentikan dari pekerjaannya karena dianggap membuat asumsi sendiri dalam tulisannya yang melanggar prinsip dasar jurnalistik. Pada saat yang bersamaan, seorang pria bernama Christian Longo (James Franco) ditangkap karena tuduhan membunuh istri dan ketiga anaknya. Ia mengidentifikasi dirinya sebagai Michael Finkel, seorang jurnalis New York Times Magazine. Ketika Michael Finkel menemui Longo di penjara, Longo berjanji bahwa ia akan memberitahu yang sebenarnya ia lakukan dengan syarat bahwa Finkel akan mengajarinya menulis. Lalu, bagaimana akhirnya kisah antara Finkel dan Longo ini?

Film yang diangkat dari sebuah memoir dengan judul yang sama yang ditulis oeh Michael Finkel ini layak untut ditonton. Selain alur cerita yang cerdas, dugaan-dugaan yang muncul mengenai Longo sebagai kriminal membuat film penuh intensitas dan ketegangan. Pada akhirnya, perpaduan antara jurnalistik dan teka-teki menjadikan film ini sangat direkomendasikan untuk Speakers yang ingin menonton film kriminal yang mengusung latar belakang jurnalistik.

 

Penulis: Nurina Azyyati

Editor: Inggi Rizky A


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

ayooo..ayooo..dibaca... banyak rtikel-artikel menarik lohh :) ...

Kintan Lestari

Keren!!! speakmagz volume duanya udah terbit...

Kintan Lestari

jalan-jalan ke kota paris, jangan lupa beli pepaya, semoga semakin keren ! #ceritanyagagalberpantu...

Leo_alp

Selalu menjadi jendela dunia yang terbaik...

Herzanindya Maulianti

Welcome to RMC Family!! Akhirnya portal online ini rilis, perpaduan antara entertainment dan edukasi...

Alicia Van Akker

semoga semakin bagus kedepannya :) ...

Kintan Lestari

akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Semoga terus meningkatkatkat...

Sifa Maulida
Kategori